5 Bisnis yang Cocok Kamu Jalankan Saat Masih Berstatus Karyawan

Kebutuhan kaum urban di jaman sekarang makin meningkat. Otomatis pengeluaran juga semakin besar jumlahnya. Barangkali kamu juga salah satu yang merasakannya, kan?

Gaya hidup juga sangat berpengaruh dalam menentukan seberapa besar pengeluaranmu. Tidak salah memang apabila kamu ingin mengikuti perkembangan jaman. Memakai gadget canggih, pakaian yang keren, atau kendaraan yang bagus adalah keinginan bagi sebagian banyak orang. Yang jadi masalah adalah, apakah gaji bulananmu mencukupi?

Selain mengikuti gaya hidup yang seperti tidak ada habis-habisnya, kebutuhan primer juga membutuhkan dana yang tidak kecil. Biaya pendidikan yang mahal, biaya tempat tinggal meliputi segala macam aspeknya, biaya kesehatan, hingga biaya lain-lain yang tidak boleh kamu kesampingkan.

Karena kebutuhan dan pengeluaran yang meningkat itulah, rasanya uang gajian dari hasil ngantor saja belum cukup. Akibatnya, banyak orang yang mencari ladang penghasilan lain di samping pekerjaan utamanya di kantor. Mulai dari kerja sampingan, hingga berbisnis sendiri. Tapi, memang bisa menjalankan bisnis sementara kamu masih sibuk menjadi karyawan kantor? Jawabannya bisa. Banyak bisnis yang bisa kamu lakukan di samping kerjaan kantormu. Bahkan kamu bisa sukses dengan bisnis itu.

Bisnis-bisnis di bawah ini bisa banget kamu jadikan referensi saat kamu membutuhkan uang tambahan.

Jualan online

Bisnis ini barangkali yang paling populer untuk dijalankan di era serba digital seperti ini. Selain simpel karena kamu tak perlu membutuhkan toko secara fisik, toko online juga mendatangkan keuntungan yang besar. Terbukti dengan adanya website toko online seperti ShopBack.

Karena unsur kesimpelan jualan online itulah yang memungkinkan kamu tetap bisa berbisnis sementara masih berstatus sebagai karyawan kantor. Kamu bisa jualan pakaian, aksesoris, buku bahkan makanan kecil yang dipromosikan melalui sosial media. Yup, sebagai pedagang online baru, media sosial milikmu sangatlah tepat untuk dijadikan media jualan.

Bisnis makanan ringan

Suka memasak? Inilah saatnya kamu membuktikan kemahiran masakmu. Bisnis kuliner yang bersifat sampingan ini layak kamu coba selagi kamu masih berstatus sebagai karyawan.

Kamu bisa membawa kue-kue kering hasil kreasi dapurmu ke kantor. Tawarkan ke teman-teman kantor untuk mencicipinya. Kalau mereka suka, mulailah bisnis jualan kulinermu. Atau, kamu juga bisa memulai bisnis katering kecil-kecilan. Mulailah terima orderan untuk acara ulang tahun anak rekan kerja, misalnya. Jangan terlalu terburu-buru menerima pesanan dalam jumlah besar. Selain kamu belum memiliki pengalaman banyak, kamu juga masih sibuk kerja kantoran, lho.

Bisnis fashion kecil-kecilan

Bagi kamu yang suka mix ‘n match baju, bahkan suka berkreasi dengan membuat baju, bisnis fashion kecil-kecilan bisa kamu jalankan, lho. Mulai dari menawarkan jasa desain sekaligus pembuatan baju di kalangan teman-teman sekantor. Kalau kamu memang berbakat dan desainmu berkualitas, pasti banyak yang berminat untuk dibikinin baju.

Dalam memulai bisnis fashion, ada baiknya kamu lebih spesifik memilih jenis fashion. Misalnya kamu jualan hijab dan baju-baju muslim, atau kamu jualan kaos-kaos murah. Itu dilakukan agar kamu lebih mudah fokus memilih kualitas barang yang tepat. Kualitas yang dimaksud bisa meliputi kualitas bahan pakaian, hingga kerapihan jahitan.

Jual pulsa

Barangkali ini adalah bisnis yang paling klise. Jualan pulsa memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang untuk menambah pendapatan. Kamu bisa mencoba bisnis ini jugaSelain gampang, modalnya juga relatif ‘sedikit. Tapi tentu saja kamu ingin lebih sukses kan daripada mereka yang hanya ‘sekedar jualan pulsa’?

Berilah bonus pada mereka yang sering membeli pulsa kepadamu. Misalnya, kamu bisa memberi mereka pulsa sebesar sepuluh ribu secara cuma-cuma setelah pelangganmu membeli pulsa sebanyak sepuluh kali terhadapmu. Atau, cara-cara lain yang bisa kamu kembangkan untuk membuat rekan kerjamu rajin-rajin beli pulsa ke kamu.

Pernak-pernik handmade unik

Biasanya, orang-orang memiliki bakatnya masing-masing. Salah satunya bakat menyulap barang-barang bekas menjadi pernak-pernik atau souvenir unik. Apakah kamu salah satu orang yang dianugerahi bakat itu? Kalau iya, manfaatkan sebagai ladang uang tambahanmu!

Kamu yang hobi membuat kerajinan tangan seperti bunga-bungaan, tempat tissue, atau hanya sekedar sarung ponsel, mulailah untuk mengembangkan kegemaran itu agar bisa menjadi usaha sampingan. Kamu yang memang berjiwa kreatif seperti ini pasti sering memanfaatkan waktu luang kerjamu untuk membuat pernak-pernak cantik sebagai hiasan, kan? So, jangan nikmati sendiri hasil kreasimu itu. Juallah!

Bagaimana, tertarik untuk menjalankan salah satu dari bisnis itu? Yang perlu kamu ingat, jangan sampai kamu melalaikan tugas-tugas kantormu. Kamu harus bisa tetap profesional. Atau apabila bisnismu mulai berkembang, beranilah untuk resign dan buatlah bisnismu lebih maju lagi.

Salam Sukses Berkah 🙂

 

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Tagged

7 Pekerjaan Wanita yang Memiliki Gaji Lebih Tinggi dari Laki-Laki

Pasti kamu sering dengar kan masalah kesenjangan gender yang membuat gaji untuk perempuan dan laki-laki berbeda padahal jenis pekerjaannya sama? Memang sih sejak dulu, perempuan dianggap sebagai sosok yang nggak seharusnya bekerja banting tulang untuk keluarga.

Melainkan, perempuan diperuntukkan diam di rumah dan mengurus anak. Tapi, seiring berjalannya waktu, akhirnya perempuan memiliki hak kerja yang setara dengan laki-laki. Dan kali ini, kamu harus tersenyum senang terutama para perempuan karena pada artikel ini ShopBack akan membahas tentang semua pekerjaan wanita yang memiliki gaji tinggi untuk kamu, ladies!

Penata Rias / MUA

Pasti kamu tau dong MUA atau Make Up Artist di dunia memang banyak sekali jumlahnya. Bahkan, anak SMA atau kuliah pun sekarang sudah semakin lihai bermain dengan kosmetik. Biasanya, mereka menjadi MUA bagi teman-teman sepantarannya untuk menambah uang jajan.

Ternyata, pekerjaan menjadi seorang MUA ini sangat cocok bagi perempuan karena faktanya, MUA perempuan memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan MUA laki-laki. Tentu saja hal ini karena semua hal tentang make up memang cenderung lebih untuk perempuan, bukan laki-laki. Oleh sebab itu, MUA perempuan lebih banyak dipercaya dari segi keterampilan mereka bermain dengan make up. Pekerjaan ini ternyata memiliki bayaran yang cukup menggiurkan lho, MUA terkenal bisa mendapat bayaran lebih dari Rp 10 juta untuk satu kali makeup.

Pramugari

Dari banyaknya jumlah pramugari perempuan yang dibutuhkan oleh maskapai dibandingkan dengan pramugari laki-laki, membuktikan bahwa pekerjaan ini lebih cocok untuk perempuan. Perempuan dipercaya memiliki pelayanan yang lebih ramah saat menjadi seorang pramugari. Dari situ lah mengapa pramugari  rata-rata memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan pramugara.

Guru

Pelayanan yang ramah selain bisa kamu temukan pada seorang pramugari perempuan, mungkin juga bisa kamu temukan pada guru perempuan. Bagi kamu yang saat ini bercita-cita menjadi seorang guru, kamu harus tahu bahwa penghasilan guru perempuan ternyata lebih tinggi dibandingkan guru laki-laki. Kira-kira kenapa, ya? Apa karna guru yang killer lebih banyak jumlahnya yang laki-laki?

Marketing / Public Relation

Lebih luwes dalam meningkatkan dan mengatur pasar untuk produk atau jasa yang dijual oleh suatu perusahaan membuat perempuan di bidang marketing memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Perempuan pun lebih mudah mendapatkan simpati dari orang lain, apalagi dari seorang laki-laki. Tapi, bukan berarti laki-laki nggak boleh berada di bidang marketing. Hanya saja, perempuan cenderung lebih cocok dengan pekerjaan ini dan memang rata-rata, gaji perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki pada bidang marketing / public relation.

HRD

HRD yang biasanya berurusan dengan calon pegawai harus memiliki kepekaan terhadap satu sama lain. Kita tahu bahwa diantara perempuan dan laki-laki, yang memiliki sifat lebih peka adalah perempuan. Oleh sebab itu, perempuan rata-rata sukses saat menduduki posisi HRD pada perusahaan. Nggak percaya? Coba lihat beberapa perusahaan di sekitarmu pasti posisi HRD tertingginya diduduki oleh perempuan, bukan laki-laki.

Desainer

Desainer perempuan ternyata juga memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan desainer laki-laki. Hal ini berpengaruh dari lebih banyaknya jumlah model perempuan dibandingkan laki-laki. Oleh sebab itu, yang lebih lihai dan ahli dalam mendesain baju seorang model perempuan, ya tentu saja seorang perempuan.

Ahli Terapi

Walaupun pekerjaan yang satu ini nggak membutuhkan pendidikan sampai S2, tapi, faktanya, ahli terapi perempuan dipercaya lebih ahli dalam bidang ini dibandingkan laki-laki. Pekerjaan yang membutuhkan kesabaran, empati, rasa peduli yang cukup tinggi karena berurusan dengan rehabilitasi, penyembuhan cedera, atau terapi khusus ini dipandang lebih cocok untuk perempuan. Pekerjaan wanita yang satu ini juga ternyata bisa membuatmu mendapatkan gaji yang lebih besar dari para pria lho. Siap untuk mencoba?

Gimana, ShopBackers? Terutama untuk kamu nih para perempuan yang sedang mengejar mimpinya menjadi salah satu profesi dari ketujuh daftar ini. Jika pekerjaan yang sekarang sedang kamu jalankan masuk ke dalam tujuh daftar pada artikel ini, berarti kamu harus banyak bersyukur dan bekerja lebih giat lagi supaya dapat peningkatan gaji. Setuju?

 

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Tagged

Pastikan Kamu Punya 9 Faktor Ini, Sebelum Terjun Bisnis Online

Berwirausaha bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memiliki pekerjaan sampingan ataupun yang ingin beralih menjalani fokus baru. Jika diperhatikan, lewat dunia bisnis kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih jika dibandingkan menjadi karyawan yang sebagian besar waktunya dihabiskan di kantor. Kamu juga bisa mengatur waktu dan menentukan targetmu sendiri tanpa ada lagi aba-aba dari atasan. Terlebih lagi dengan kemudahan dalam mengakses internet menjadi peluang untuk menjalankan bisnis online.

Namun, sebelum memutuskan untuk berbisnis online, kamu juga harus memerhatikan beberapa faktor agar usahamu bisa berjalan lancar. Yuk, simak beberapa hal yang harus kamu terapkan sebelum terjun dalam dunia bisnis.

Tentukan Rencana

Persiapan utama sebelum kamu memilih berbisnis yaitu menentukan rencana. Pastikan rencana yang kamu miliki sudah matang mulai dari persiapan hingga cadangan rencana apabila kamu harus melakukan pivot. Dengan rencana yang tepat, tentu akan berguna dalam mengatur setiap detail di dalam bisnis dengan mudah, termasuk berbagai kebijakan yang akan diterapkan nantinya.

Selain itu, kemampuan yang baik dalam mengatasi dan mengantisipasi berbagai masalah juga diperlukan dalam kepribadian sang owner. Bisa saja terdapat kendala yang muncul sewaktu-waktu tanpa perhitungan sebelumnya. Untuk itu, dengan merencanakan setiap lini bisnis dengan baik, segala sesuatu akan mudah diatur dengan mudah dan terencana.

Fokus

Setelah menentukan rencana yang akan kamu ambil, selanjutnya kamu harus fokus terhadap apa yang sudah dipilih. Jangan mudah terhasut untuk langsung mengambil ancang-ancang ke rencana cadangan. Pastikan dulu segala sesuatu yang telah kamu siapkan berjalan lancar. Kerahkan seluruh kemampuan yang kamu punya agar rencanamu tetap berada di koridor yang tepat. Tunggu perkembangannya dalam beberapa periode yang sudah kamu tetapkan.

Jika dirasa seluruh usaha yang telah dilakukan belum maksimal, kamu bisa menjalankan rencana selanjutnya. Namun, kamu perlu mengamati kesalahan yang ada pada rencana sebelumnya agar tidak gagal untuk kedua kalinya. Dengan belajar pada pengalaman sebelumnya akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih tangguh dan waspada apabila terjadi hal-hal yang berada diluar kehendakmu. Jadi, jangan mudah menyerah untuk terus mencoba dan mencoba.

Anggaran yang Tepat

Salah satu poin penting dalam membangun bisnis adalah ketersediaan anggaran. Sebelum memutuskan untuk membanting stir menjadi wirausahawan, pastikan kamu memiliki modal yang cukup. Tidak ada patokan jumlah tertentu, itu tergantung pada kebutuhan dan bagaimana kamu mampu untuk mengelolanya. Jika kamu dapat mengelola dengan efektif tentu segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik.

Cermati baik-baik anggaran yang benar-benar dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya hutang dan justru akan menghambat bisnis di awal. Dengan anggaran yang tepat akan bisa membuat bisnismu berjalan lancar ke depan.

Tentukan Produk

Berbagai pertimbangan dibutuhkan untuk menentukan produk yang akan kamu jual.  Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu, kesiapan dalam mengelola produk tersebut. Ini hanya berlaku jika ternyata kamu memiliki keinginan untuk menjual berbagai produk makanan, minuman, atau yang lainnya yang akan membutuhkan proses pembuatan.

Selanjutnya, jika berniat menjadi reseller, kamu tentu membutuhkan mitra bisnis. Tempat penyimpanan barang juga harus diperhatikan agar kamu tidak kewalahan menampung banyaknya produk di tempat tinggalmu. Jangan lupa lihat prospek produk ke depan. Bisa saja produk yang akan kamu jual hanya akan laris dalam kurun waktu singkat karena sedang booming. Usahakan memilih produk yang memiliki masa panjang. Banyak pemain dalam bisnis online membuatmu memutar otak lebih untuk menghadapi persaingan. Pastikan produk yang kamu punya ekslusif dan unik agar bisa menjadi pembeda di pasar.

Miliki Website

Untuk memudahkan calon pelanggan memilih produk, kamu juga harus memiliki website yang akan dijadikan sebagai toko untuk memajang dan menjual berbagai produk yang dijual. Untuk menarik perhatian, pastikan website yang kamu punya terlihat cantik di mata konsumen. Kamu bisa menggunakan jasa desainer website yang ada untuk mempercantik tampilan websitemu.

Lebih lanjut, lengkapi juga website ini dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi agar tidak menemui kendala ketika berbelanja. Selain website, kamu juga bisa menjual produkmu di sosial media. Saat ini, banyak pebisnis online yang hanya memanfaatkan sosial media untuk berjualan dan berhasil meraup untung besar.

Pilih Nama yang Tepat

Ungkapan nama adalah doa sepertinya juga harus diterapkan dalam memilih penamaan toko online. Dengan nama yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksekan bisnismu. Usahakan juga nama yang kamu pilih tidak pasaran karena akan menyulitkan pelanggan untuk menemukan produkmu. Cukup beri nama yang familiar dan memiliki keterkaitan dengan produk yang kamu jual agar pelanggan mudah mengingat tokomu.

 Memiliki Identitas Toko

Untuk mencegah ada hal yang tidak diinginkan, kebanyakan pelanggan akan memastikan toko online yang dituju memiliki standar yang baik lewat testimoni ataupun referensi teman. Selain itu, kemudahan pelanggan dalam mengakses informasi mengenai toko online juga perlu diperhatikan.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, kamu perlu menyantumkan alamat dan juga nomor telepon, agar calon pelanggan bisa menghubungi sewaktu-waktu. Sertakan juga email beserta akun sosial media yang dimiliki toko agar komunikasi lebih mudah dan lancar.

Kualitas Produk dan Pelayanan yang Prima

Banyak penjual yang memberikan kualitas terbaik pada masa-masa awal bisnis, namun mengalami penurunan seiring berkembangnya bisnis. Naiknya bahan baku dan adanya faktor lain cenderung mempengaruhi penurunan kualitas tersebut. Hal tersebut justru akan membuat pelanggan yang sebelumnya loyal malah kecewa dan pergi. Pastikan kamu tidak menjual berbagai produk yang asal-asalan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya

Selain produk, kualitas pelayanan juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Tak seorangpun pelanggan suka dengan pelayanan yang buruk ketika mereka berbelanja. Dengan memberikan pelayanan terbaik akan membuat pelanggan terkesan dan kembali lagi untuk berbelanja di tempatmu.

 Lakukan Promosi di Berbagai Channel

Jika seluruh aspek dalam mengembangkan bisnismu sudah terpenuhi, hal selanjutnya yaitu memperkenalkan produk ke khalayak luas. Lewat promosi yang maksimal akan membuat bisnismu cepat dikenal. Terlebih lagi dengan persaingan yang ada saat ini membuatmu butuh kerja keras lebih lagi agar mampu mencuri hati pelanggan.

Kamu bisa melakukan promosi mulai dari media yang mudah seperti sosial media. Kerahkan seluruh sosial media yang kamu punya sebagai ajang promosi produk. Dengan promosi yang tepat, pasti dapat mendongkrak angka penjualan dengan cepat.

Pada dasarnya, passion dalam menjalankan bisnis menjadi hal terpenting jika kamu memutuskan untuk berbisnis online. Tanpa adanya passion dari dalam diri tentu akan menyulitkan. Setelah itu, 9 kriteria di atas bisa menjadi faktor pendukung yang dibutuhkan untuk melengkapi niat yang kamu miliki. Selamat mencoba, salam sukses berkah 🙂

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Hasilkan Jutaan Rupiah Dengan Bisnis Tanaman Hias

Gambar terkait

Dulu memang manusia tidak terlalu tertarik untuk memelihara tanaman kecuali untuk menambah keindahan di depan rumah ataupun dalam ruangan. Sekarang, fungsi itu sudah bergeser menjadi sebuah kesenangan. Kesenangan yang menambah cita rasa seni dalam jiwa.

Karena itu, tidak heran jika kemudian manusia banyak yang memelihara tanaman hias ini, bukan hanya sekadar kebutuhan untuk membuat segar udara sekitar misalnya, tetapi keinginan untuk bersenang-senang saja.

Peluang ini cukup besar untuk digarap. Pasarnya terutama golongan elit menengah ke atas. Untuk kesenangan ini, konon para penggemar tanaman hias tak segan-segan mengeluarkan uang dalam jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Suatu jumlah yang bagi rakyat biasa tentu saja jumlah yang terlalu besar jika dikeluarkan hanya demi sepotong tanaman. Tetapi tidak bagi kaum elite. Mereka tak segan-segan mengeluarkan banyak uang demi kepuasan jiwanya.

Tanaman yang menjadi perhatian para peminat tanaman hias adalah anthurium. Berbagai jenis anthurium telah menyita perhatian banyak orang-orang yang mencintai tanaman. Berikut cara memulai bisnis tanaman hias seperti dilansir buku 10 Bisnis Paling Prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila:

Persiapan Melaksanakan Bisnis

1. Lengkapi koleksi tanaman hias Anda. Tak ada salahnya berburu tanaman hias agar koleksi Anda memang oke

2. Merawat tanaman setiap hari. Tanaman sebagus apa pun jika tidak dirawat, akan menjadi layu dan tidak segar lagi kelihatannya

3. Miliki pengetahuan yang dapat memperkaya wawasan Anda seputar tanaman hias. Anda dapat membaca referensinya melalui majalah maupun belajar dari internet

Tips Menjalankan Bisnis

1. Buatlah display yang menarik di tempat koleksi tanaman hias Anda

2. Sediakan selalu kartu nama untuk mempromosikan diri terntama ketika bertemu dengan orang yang baru. Mudah-mudahan orangorang tersebut bisa menjadi pelanggan setia Anda.

3. Agar usaha Anda dapat lebih diketahui oleh banyak orang, buatlah spanduk dan juga pamphlet sebagai sarana promosi kepada lebih banyak orang

4.Buatlah promosi melalui internet. Tujuannya untuk menjangkau orang yang jauh secara jarak geografis dari tempat usaha

5.Rajinlah mengikuti perkembangan tanaman hias. Siapa tahu ada tren terbaru dan upayakan agar Anda tidak ketinggalan tren. Kadang kala, perkembangan update tanaman hias begitu cepat dan harus diikuti dengan sigap

6.Setiap beberapa waktu tertentu ada pameran tanaman hias. Ikutilah sebagai ajang untuk memperluas. pasar. Sediakan, kartu nama untuk dibagi-bagikan kepada pengunjung pameran

7.Bergabunglah dengan komunitas pencita tanaman hias untuk memperluas pergaulan dan bisa berbagi pengalaman

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber : okezone.com

Tagged

Tips Menjalankan Bisnis Pembuatan Software, Nomor 2 Patut Disimak

Gambar terkaitPembuatan software bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Sasaran bisnis ini adalah perusahaan-perusahaan yang relatif besar dan juga instansi-instansi pemerintah. Software ini dibutuhkan sebagai sarana untuk kelancaran proses kerja perusahaan atau instansi tersebut. 

Ini menjadi peluang untuk mendirikan usaha jasa bidang information Technology. Produknya tentu saja software yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah di antaranya, software akuntansi dan keuangan, penjualan dan pembelian barang, pencatatan dan pengendalian persediaan, atau pencatatan dan penyusutan aset.

Melansir buku 10 Bisnis Paling prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila, berikut tips yang patut Anda simak saat menjalankan usaha:

1.Anda tidak harus berasal dari jurusan information Technology universitas terkenal untuk menjadi pakar dalam bidang pembuatan software. Asalkan mempunyai peralatan yang memadai, Anda dapat menjalankan bisnis ini. Buku dan artikel telah banyak tersedia, bahkan sudah ada yang gratis. Anda bisa belajar secara mandiri menggunakan buku dan artikel tersebut.

2.Kreatif dan jeli dalam mengamati peluang yang ada. Misalnya tekun mencari tahun software apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, software apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan software apa yang dbutuhkan oleh instansi pemerintah.

3.Jika prospek bisnis Anda sudah cerah dan mendapatkan kepercayaan, Anda bisa mengembangkannya dengan merekrut karyawan, diutamakan mereka yang berpengalaman dalam bidang information Technology dan pembuatan software. Akan lebih baik jika karyawan yang kita pekerjaan juga cakap melayani para pelanggan.

4.Berikan pelayanan yang memuaskan. Sebab produk yang Anda hasilkan bukan produk sembarangan yang berharga rendah.

5.Buatlah software yang bagus dan berkualitas sesuai yang diharapkan pelanggan, disertai pula dengan semangat ingin memberi yang terbaik bagi para pelanggan kita.

6.Jalin hubungan dan bangun jaringan seluas-luasnya dengan berbagai pihak yang terkait dengan bisnis ini (perusahaan, instansi atau lembaga pemerintah, dan lain sebagainya).

Bisnis bidang Teknologi Informasi (TI) masih sangat menjanjikan. Banyak bidang-bidang TI yang sebenarnya prospektif belum dieksplorasi secara maksimal oleh insan TI Indonesia, sehingga bisnis TI jenuh dengan produk-produk “standar”.

Riset dan pengembangan software berbasis Artificial Intelligence dan Expert System adalah satal satu tantangan yang menjanjikan untuk lebih eksis di dunia TI. Jelaslah sudah bahwa inovasi dan kreativitas adalah harga mati untuk bertahan hidup dalam bidang apa pun termasuk bisnis software.

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber : okezone.com

Tagged

Shopping Saham Modal Rp 500.000? Bisa, Intip Rahasia Investasi Ini

Tidak peduli berapapun usiamu saat ini, investasi merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan masa depanmu. Harga barang terus naik, kalau kamu hanya mengumpulkan uang tabungan, barang idamanmu tidak akan terbeli. Sementara itu, kamu merasa penghasilanmu belum cukup besar untuk berinvestasi ? Atau kamu merasa uang jajan bulanan yang dikirim orang tuamu tidak cukup banyak untuk diputar dalam pasar saham ? Jangan takut, saat ini kamu sudah bisa berinvestasi saham dengan modal Rp 500.000. Yuk, simak tips di bawah ini !

Siapkan Modal Investasi

Hal pertama yang perlu kamu pastikan tentu saja adalah kamu memiliki modal untuk berinvestasi. Kalau kamu adalah seorang karyawan, kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilanmu di awal bulan. Jika penghasilan selama satu bulan belum cukup, kamu bisa menyisihkan lagi di bulan berikutnya. Yang terpenting adalah, jangan berhutang.

Kalau kamu adalah mahasiswa dan masih mendapatkan kiriman bulanan dari orang tua, sisihkan uangmu di awal bulan, ya.

Kenapa dana berinvestasi harus disisihkan di awal bulan ? Kamu perlu merencanakan berapa banyak dari uang yang kamu miliki akan dialokasikan untuk keperluan apa saja. Jangan sampai kamu boros terlalu banyak di awal bulan sehingga kehabisan uang untuk segala kebutuhanmu di akhir bulan.

Langkah awal ini merupakan langkah pertama yang sangat sederhana. Cukup sisihkan Rp 500.000 untuk modal awal. Lebih baik jika kamu bisa menyisihkan lebih, tetapi saya sarankan untuk memulai dari modal yang kecil terlebih dahulu.

Buat Akun di Sekuritas

Setelah kamu menyiapkan modal, sekarang saatnya membangun jembatan untuk mengantarkan modal-modal tersebut. Jembatan yang dimaksud di sini adalah perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas atau yang biasanya disebut broker/pialang saham merupakan gerbang transaksi seorang investor. Investor mengirimkan sejumlah dana kepada sekuritas dan mereka akan menjadi partner investor dalam berinvestasi. Jadi, pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya ya.

Lalu, buatlah akun di perusahaan sekuritas yang kamu pilih. Ada lebih dari 100 perusahaan sekuritas di Indonesia, beberapa di antaranya yaitu BNI Sekuritas, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Philllip Sekuritas, dan lain sebagainya.

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan kesempatan bagi mahasiswa atau orang yang belum memiliki NPWP untuk berinvestasi. Salah satu sekuritas yang memberikan kesempatan ini adalah Phillip Sekuritas. Di sini, kamu bisa memulai dengan modal awal Rp 500.000 dan kamu tidak akan dikenakan biaya untuk pendaftaran akun.

Selain membuat akun sekuritas dengan cara pertama, kamu juga bisa membuat akun dengan mendaftar secara online. Kamu cukup mengunduh formulir dari website sekuritas dan kemudian melengkapi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan sekuritas.

Tentukan Tujuan Investasi

Setiap orang yang melakukan investasi pasti bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Namun, setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menggunakan keuntungan yang diperoleh. Ada yang menginginkan untuk menggunakannya dalam jangka waktu pendek, menengah, dan ada pula yang panjang. Tujuan inilah yang membimbing kita untuk memilih produk atau instrumen investasi.

Keuntungan optimal bisa diperoleh jika kita melakukan investasi jangka panjang.

Jika tujuanmu adalah untuk keperluan membeli mobil, umrah, atau naik haji, investasi jangka pendek seperti reksadana pasar uang bisa menjadi pilihanmu. Jika tujuan investasimu untuk jangka menengah atau panjang, misalnya untuk membeli rumah atau biaya sekolah anak di masa depan, reksadana pendapatan tetap atau saham bisa menjadi pilihan.

Pada artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai investasi saham. Berhubung kamu memulai dengan modal Rp 500.000, menjadi trader merupakan opsi yang bisa kamu ambil. Trader adalah orang yang suka melakuakan investasi jangka pendek dengan bermain dengan fluktuasi harga.

Saat ini, sudah ada banyak saham di Bursa Efek yang memiliki nilai di bawah Rp 5.000. Itu artinya, modal Rp 500.000 akan cukup untuk membeli 1 lot (100 lembar saham).

Belajar dan Belajar

Bagian ini merupakan bagian yang paling saya suka. Saya masih ingat bagaimana tabel dan grafik penuh angka berwarna-warni membuat saya menganga. Tapi, jangan takut, bagian ini seru dan mengasyikkan, meningkatkan daya analisa kita dengan signifikan.

Dengan modal Rp 500.000, saham apa saja yang bisa kamu beli? Ternyata ada banyak perusahaan keren dengan harga saham di bawah Rp 5.000. Di antaranya ada saham Aces Hardware, Adaro Energy, Bank CIMB Niaga, Ciputra Development, Ciputra Property dengan harga Rp 1000-an. Masih ada lebih banyak dari itu. Bahkan ada juga saham dengan harga di bawah Rp 1.000 misalnya saham Alfamart dan Antam.

Jika kamu memiliki akun di Phillip Sekuritas, kamu bisa memanfaatkan fitur Stock Screener pada tab Analysis untuk mencari daftar saham dengan harga di bawah Rp 5.000.

Bagian selanjutnya, adalah bagian analisa saham. Seorang trader biasanya memutuskan dari hasil analisa teknikal. Dengan melakukan analisa teknikal, kamu akan tahu tren pasar saat ini dan hal apa yang sebaiknya kamu lakukan. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan dasar tentang analisa saham dengan mengikuti kelas yang ada di Phillip Sekuritas (gratis jika kamu adalah nasabah), mengikuti Webinar saham, membaca dari internet, membaca buku tentang saham, dan masih banyak lagi.

Jika kamu adalah seorang pemula, saya menyarankan untuk membaca buku yang ditulis oleh Jeremia Jefferson dan Ryan Filbert.

Hal apa saja yang bias anya dipelajari seorang pemula? Kamu bisa mencari tahu tentang cara membaca chart saham, saat yang tepat untuk membeli atau menjual saham, tanda-tanda saham akan rebound (tren berbalik arah) dan lain sebagainya. Indikator yang biasanya digunakan pada analisa saham teknikal adalah Moving Average. Nah, informasi mendalam tentang cara analisa saham bisa kamu dapatkan dari berbagai macam sumber. Jangan pernah berhenti belajar !

Belilah

Setelah kamu dibekali kemampuan yang cukup untuk menganalisa saham, sekarang saatnya kamu memepraktekkannya. Kalau kamu masih deg-degan, kamu bisa berpura-pura membeli dulu selama beberapa hari. Catat saham-saham yang kamu analisa berpotensi naik, misalnya kamu menganalisa saham A baru saja mengalami golden cross dan berpotensi naik pada tanggal 9, lakukan pencatatan harga saham A pada tanggal 10 dan 11 juga. Perhatikan apakah harga saham A benar-benar naik. Kamu bisa melakukannya pada lebih dari 1 saham.

Setelah kamu memiliki cukup mental untuk membeli saham, belilah. Pastikan kamu membeli saham yang bisnisnya kamu kenali dan yang memiliki jejak rekam ekonomi yang baik. Masukkan harga saham yang ingin kamu beli. Tantangan saat membeli saham adalah harga dan kuota saham yang ingin kita beli ditentukan oleh keadaan pasar. Kamu bisa saja ingin membeli saham A dengan harga Rp 800 sejumlah 5 lot, tapi kamu perlu melihat keadaan pasar. Ada cara untuk membeli saham dan langsung mendapatkannya, biasanya dengan memasukkan harga beli yang tinggi dan cara ini tidak begitu disarankan.

Kamu bisa mendapatkan tips untuk membeli dan menjual saham dari berbagai sumber. Cobalah terlebih dahulu, kalaupun kemungkinan terburuk kamu rugi, kamu tidak akan menjadi miskin karena kamu memulai dengan modal yang tidak besar.

Berlatihlah membeli, jual saat harga tinggi. Bila harga turun, kamu disarankan untuk melakukan cut loss pada saat harga turun 5-10%. Batasan cut loss setiap orang berbeda-beda, tetapi saya sendiri menetapkan 5% sebagai batas cut loss. Cut loss adalah memotong kerugian dengan cara menjual saham dalam posisi rugi. Jangan pernah kapok untuk membeli saham, kalau kamu rugi, belajar lagi apa yang membuatmu rugi, supaya kamu tidak mengulanginya di masa depan.

Yuk, langsung berinvestasi! Siapkan KTP-mu, buku rekeningmu, NPWP (kalau punya), danamu, mentalmu, dan keinginan yang besar untuk belajar. Mimpimu untuk menjadi trader atau investor dimulai saat kamu beranjak dari kursimu dan melakukan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba, semoga berhasil! Salam Sukses Berkah

 

Jika Anda ingin mengikuti program kami pelatihan bisnis bimbingan Pelatihan Bisnis jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Tagged

Ubah Kebiasaanmu Dengan 5 Kebiasaan Orang Sukses Ini

Sukses adalah impian semua orang dalam menjalani kehidupan. Kesuksesan dicari, diburu dan dikejar orang setiap harinya. Mereka bekerja, berbisnis dan belajar demi mencapai kepuasaan maksimal. Jika memperoleh hasil terbaik, maka mereka berkata “Aku sudah sukses!”

Tapi realitasnya banyak juga orang sudah bekerja dan belajar, hidupnya tetap merasa gagal. Kemudian lahir frustasi, berujung kepada melukai atau mencela dirinya sendiri. Kegagalan mengelola emosi mengakibatkan kamu stress sehingga dapat berujung kematian.

Orang yang selalu menganggap hidupnya gagal, mereka lupa pepatah bijak “Ada seribu jalan menuju Roma” atau “Tak ada yang namanya gagal, hanya ada sukses yang tertunda”. Sekali gagal, bangkitlah sebab kesuksesan membayang di depan matamu. Seorang yang sukses selalu lahir dari semangat pantang menyerah, kegagalan bukan akhir dari segalanya, melainkan awal dari menuju kesuksesan. Nah, bagaimana sebenarnya mentalitas atau kebiasaan manusia yang sukses menjalani kehidupannya. Ini dia lima kebiasaan orang sukses.

Berfikir itu bertindak

Orang sukses selalu sibuk berfikir dan bertindak secara nyata. Dalam pikirannya, sebuah pekerjaan dirumuskan dengan strategi, kemudian mengukur diri sejauhmana kemampuannya menjalankan strategi tersebut. Dia juga mempersiapkan dua atau tiga rencana. Sehingga sebuah kegagalan tidak membuatnya mudah jatuh dalam lubang keputusasaan.

Move on dong!

Pribadi yang sukses selalu memandang kegagalan sebagai cara untuk menemukan rumus baru kesuksesan. Setiap gagal dalam menjalani sebuah pekerjaan, dia akan bangkit dan mencari cara baru agar kegagalan tidak terulang. Baginya tak ada hidup yang gagal, hanya ada kesuksesan yang tertunda. Ketika gagal datang, periksalah diri dan putar ulang otak agar kesalahan tidak terulang kembali.

Rajin membaca

Tak ada pengetahuan akan memperburuk cara fikir kamu dalam mencapai hidup yang sukses. Untuk itu, banyaklah membaca sehingga nutrisi pengetahuan akan masuk dalam otak. Dengan membaca, orang sukses sedang belajar meningkatkan kapasitas dirinya sehingga tidak mudah sombong ketika sukses mendekat. Membaca juga sarana ampuh mencari perkembangan terkini atas pekerjaan, pembelajaran atau usaha yang sedang dijalaninya.

Restu “Tuhan”, doa orang terdekat

Jangan pernah mengkhianati diri dengan malas berdoa kepada Tuhan dan tidak mau meminta restu orang tua. Berdoa adalah sarana terindah dan efektif dalam meminta keinginan kita dikabulkan Tuhan. Orang yang sukses dipengaruhi nilai spiritualitasnya yang selalu ingin dekat kepada Tuhan. Keluarga apakah itu orang tua, suami/istri atau anak juga penting untuk dimintakan dukungannya. Dukungan orang terdekat akan membantu kita menyadari kesuksesan kita adalah milik bersama dan harapan semua orang.

Jangan malu berguru

Bacalah biografi orang sukses, ambil pelajaran bagaimana mereka mampu menghasilkan pencapaian terbaik dalam kehidupannya. Dalam pribadi setiap orang sukses, harus mempunyai sosok guru tempat dia belajar. Maka, membaca biografi akan jadi cara ampuh untuk melihat sisi sukses orang lain. Cara sukses mereka dapat kita duplikasi atau modifikasi untuk mencapai kesuksesan dalam hidup kita.

Nah, pada dasarnya sukses itu hak semua orang. Tuhan memberikan kita kepercayaan untuk sukses, tinggal sejauhmana kita tahu cara mencapai sukses dan apakah jika sukses, kita mau terus bersyukur. Sebab sukses tanpa campur tangan Tuhan, akan membuat kita cinta dunia dan mudah galau ketika sekali waktu kegagalan menghampiri kita. So, selamat mencoba lima kebiasan orang sukses di atas. Semoga kamu mencapai keberuntungan dan kesuksesan dalam menjalani kehidupan ini. Salam sukses Berkah 🙂

 

 

Jika Anda ingin mengikuti program kami pelatihan bisnis bimbingan Pelatihan Bisnis jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Tagged

Pekerjaan Anti-mainstream yang Bisa Kamu Jadikan Part-Time

Di era serba digital ini, berbagai macam profesi baru muncul seiring meningkatnya kebutuhan pasar. Platform-platform digital pun secara terbuka memberikan peluang bagi banyak orang untuk berprofesi secara kreatif sesuai dengan kemampuan dan hobinya. Tentu saja, profesi yang muncul ini bisa menjadi tambahan pemasukan buat kamu yang senang berkreasi sesuai ide dan hobi. Berikut adalah 7 pekerjaan anti-mainstream yang bisa kamu jadikan part-time!

Instavideo maker

Kamu senang mengabadikan rekaman momen berharga, mengolahnya, dan kemudian mengunggahnya ke instagram? Tentu saja tidak semua orang memiliki keahlian di bidang ini. Hobi merekam dan mengolah video hasil rekaman secara apik selama 60 detik ini akan membuatmu ‘dilirik’ teman-teman sekomunitas, bahkan bisa lebih luas lagi. Jangan lupa tambahkan tagar pada setiap videomu agar hasil karyamu semakin luas dikenal oleh pengguna instagram dan… setelah itu pasti akan semakin banyak pengguna instagram yang meminta keahlianmu mengedit video bahkan terlibat langsung dalam perekaman momen indah mereka!

Line creator sticker & theme

Siapa yang tidak mengenal platform chat yang menyediakan stiker-stiker lucu ini? LINE sekarang membuka peluang yang luas bagi kamu yang senang menggambar karakter lucu, atau bahkan membuat karya fotografi yang unik untuk dijadikan stiker. Belum lagi kalau kamu bisa menghiasi chat room LINE users dengan tema buatan kamu, tentu saja kamu akan bangga bukan? Nah caranya simpel, kamu cukup kunjungi creator.line.me untuk menjadi kreator stiker dan tema LINE, kemudian upload karakter-karakter yang sudah kamu buat.

Webtoonist

Kamu senang menggambar dan memiliki ide yang liar dalam bercerita? Jadikan komikmu sebagai serial webtoon! Platform webtoon saat ini semakin berkembang, mulai dari LINE, Ciayo Comics, COMICA, Tapas, dan lain-lain. Dengan begini, hasil karyamu tidak hanya sekedar dinikmati saja oleh para penggemar, namun juga memberikan penghasilan tambahan buat kamu. Belum lagi kalau kamu sudah tergabung dengan platform yang besar, kamu akan menikmati lebih banyak keuntungan dan bertemu dengan webtoonist lainnya untuk saling bertukar pengalaman.

Live House Singer

Kamu senang bernyanyi? Atau bermusik dan bernyanyi di kamarmu sendiri? Sekarang menjadi penyanyi tidak harus keluar rumah dan keliling dari satu kafe ke kafe lainnya. Layanan streaming Bigo TV membuka peluang buat kamu yang nyaman melakukan pertunjukan suaramu dengan menjadi live house singer. Cukup bermodalkan smartphone dengan jaringan yang lancar, beserta mic dan alat musik yang kamu butuhkan, kamu dapat menambah pundi-pundi uangmu setiap live streaming!

Game broadcaster

Siapa yang bilang kalau bermain game itu tidak bermanfaat? Saat ini, game broadcaster adalah profesi yang bisa dikatakan menjanjikan. Selain itu, profesi ini juga membutuhkan keahlian khusus, yaitu bermain game sambil mengobrol dengan penonton. Semakin unik dan menarik game broadcaster berkomentar dan memainkan gamenya, semakin banyak pula penonton yang bahkan asyik sendiri melihat komentar lucu dari game broadcaster meskipun tidak ikut bermain. Saat ini profesi game broadcaster bisa kamu lakukan dengan platform Youtube dan Bigo TV.

Music maker

Kamu memiliki keahlian lebih dalam mengaransemen musik? Kebutuhan industri video di Youtube dan Instagram saat ini menjadikan kebutuhan akan musik yang ‘pas’ juga meningkat. Kamu bisa menggubah aransemen musikmu melalui aplikasi PC, seperti Fruityloop dan Cubase atau secara mobile dengan menggunakan Music Maker Jam. Setelah itu kamu tinggal mengunggah cuplikannya ke soundcloud atau Youtube dan mempromosikannya melalui media sosial yang kamu miliki. Dengan demikian, hobimu membuat musik memberikan pemasukan tambahan buat kamu.

Blog contributor

Kamu senang menulis dan memiliki keahlian untuk menuangkan ide dan gagasan kreatif ke dalam bentuk tulisan? Menjadi blog contributor The Smarter Way Shopback adalah jawabannya! Tulisanmu tidak hanya tampil dan dibaca oleh banyak orang, namun juga bisa memberimu penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah! Kapan lagi kamu bisa memberi manfaat bagi banyak orang sekaligus mendapat penghasilan tambahan kalau bukan di sini?

Jadi, itu semua 7 part time anti-mainstream yang berasal dari hobi. Kamu memiliki salah satunya? So, tunggu apalagi? Ayo segera jadikan hobimu sebagai salah satu sumber pendapatanmu. Salam sukses berkah 🙂

 

Jika Anda ingin mengikuti program kami pelatihan bisnis bimbingan Pelatihan Bisnis jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Tagged

6 Tips Jitu Agar Kamu Sukses dalam Pekerjaan yang Tidak Kamu Sukai

Kebanyakan orang berpikiran bahwa bekerja yang sesuai dengan passionnya akan mengantarkannya pada kesuksesan. Benar. Apapun yang kita lakukan atas dasar cinta dan suka memang akan lebih mudah menyelesaikannya, bukan? Nah, bagaimana jika sebagian dari kamu saat ini sedang menggeluti pekerjaan yang tidak kamu sukai? Entah itu karena bidangnya tidak sesuai dengan yang kamu tekuni, rekan kerja yang tidak bisa diajak diskusi, gaji yang tidak sesuai dengan ekspektasi, atau bahkan atasan yang terlalu bossy.

Kamu bahkan merasakan bangun pagi untuk bersiap-siap ke kantor adalah hal yang paling berat untuk dilakukan. Kamu berpikir bahwa hidup kamu tidak ada perkembangannya sama sekali. Teman-temanmu mungkin akan mengusulkan kamu untuk resign. Tapi bagaimana jika kamu tidak boleh berhenti kerja  sebelum memenuhi masa tertentu sesuai dengan kontrak?

Nah, kamu bisa lakukan 6 tips berikut agar kamu bisa sukses walaupun dalam pekerjaan yang tidak kamu sukai.

Ubah pemikiranmu bahwa bekerja itu tidak selamanya tentang uang

Kamu bisa jadi tidak suka dengan pekerjaanmu, tapi kamu pasti akan sangat mencintai hari gajian. Besar nominal gajimu tidak akan menjamin bahwa kamu akan sukses dalam pekerjaan yang kamu geluti sekarang apalagi pekerjaan yang tidak kamu suka.

Coba ubah fokusmu dari bekerja hanya menunggu hari gajian menjadi fokus pada pengembangan diri. Tentukan target baru setiap harinya agar kamu punya banyak waktu untuk lebih produktif ketimbang mengutuk pekerjaan yang tidak kamu sukai itu. Tanyakan pada dirimu apa yang harus kamu capai hari ini. Misal, berapa banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan tepat waktu atau berapa orang yang akan kamu sapa hari ini.

Ingatkan dirimu untuk terus belajar

Hanya karena menggeluti pekerjaan yang tidak kamu suka bukan berarti kamu tidak bisa belajar. Belajarlah sesuatu yang penting untuk kesuksesan karir mu seperti manajemen waktu, kemampuan kepemimpinan, kemampuan komunikasi interpersonal, dan lain-lain. Carilah kesempatan untuk terus belajar. Pasti ada pembelajaran dari hal sekecil apapun yang terjadi disekitar kamu.

Beri waktu untuk dirimu sendiri untuk menerima semuanya

Segala sesuatu yang dijalani memang butuh proses. Pada awalnya kamu memang tidak menyukai pekerjaanmu. Namun, lama kelamaan jika kamu terus belajar memahami, kamu juga akan sukses suatu hari dengan pekerjaan yang kamu jalani itu. Nikmati saja perasaan ‘ketidaksukaan’ itu, jangan diabaikan. Hanya saja kamu harus tetap membuka diri menerima semuanya cepat atau lambat. Apakah kamu mau selamanya menyalahkan keadaan dan mencari kambing hitam? Berhentilah mengeluh.

Berteman dengan orang-orang bijak dan berpengalaman

Orang-orang bijak ini selalu dapat melihat kebaikan dari segi manapun. Bertemanlah dengan orang-orang yang akan membuatmu berpikiran positif setiap waktu. Mintalah saran dari mereka yang lebih berpengalaman tentang apa yang harus kamu lakukan agar bisa menghasilkan sesuatu dalam pekerjaan yang tidak kamu sukai. Ikuti saran-saran mereka agar performa kerjamu meningkat.

Baca buku tentang orang sukses

Membaca buku tentang orang yang sukses akan membantumu menentukan sikap apa yang harus kamu ambil. Tidak sedikit orang yang sukses bahkan pada mulanya memilih jalan hidup yang salah. Belajarlah dari kisah mereka. Tentukan langkah mana yang sesuai untuk kamu ikuti. Yakinkan dirimu bahwa sukses bisa menghampiri kapan saja dimana saja asalkan kamu komitmen untuk meraihnya.

Tidak perfeksionis adalah bukan suatu kesalahan

Tidak ada yang sempurna. Lakukan saja pekerjaan sebaik mungkin dengan kemampuan yang kamu miliki. Bekerja adalah proses belajar. Jadi tidak ada yang salah jika kamu mengerjakan sesuatu jauh dari kata sempurna. Menjadi perfeksionis hanya akan menambah beban dan bisa jadi kamu tidak akan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.

Adakah diantara kamu yang saat ini bekerja pada bidang yang tidak kamu suka? Bagaimana cara kamu menghadapinya? Salam sukses berkah sahabat kampusbos

 

 

Jika Anda ingin mengikuti program kami pelatihan bisnis bimbingan Pelatihan Bisnis jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Tagged

Cara Menanggulangi Kebiasaan Boros Menjadi Kebiasaan Hemat

Apa kamu suka belanja? Kegiatan satu ini tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan saat belanja kamu tidak menyadari bahwa kamu telah melakukan sejumlah pemborosan di dalam hidupmu. Hal ini berlangsung seperti sebuah kebiasaan yang tidak disadari dan menjadi hal yang terlihat wajar di dalam kehidupan yang kamu jalani. Namun, bukan berarti tidak mungkin berubah, hal ini tentu bisa diperbaiki jika kamu menerapkan metode yang tepat dalam menanganinya. Yukk simak tips dibawah ini

Susun anggaran

Ketika kamu terbiasa hidup boros, maka dapat dipastikan kamu memiliki sejumlah masalah dalam anggaran keuanganmu. Lakukan penyusunan terhadap anggaran keuangan, terapkan berbagai macam kebijakan di dalamnya yang bertujuan untuk menghentikan pemborosan keuanganmu . Jangan anggap ini sebuah pekerjaan yang mudah, kamu akan membutuhkan sebuah perhitungan dan pertimbangan yang cermat dalam menyusun sebuah anggaran yang tepat. Susun anggaran dengan masuk akal, jangan memasukkan sejumlah penghematan yang mustahil kamu lakukan. Setelah menyusun anggaran dengan baik, maka kamu bisa menerapkannya di dalam kehidupan. Ingat, segala sesuatunya tidak bisa diubah secara instan. Lakukan penghematan pada anggaran secara perlahan dan bertahap, sehingga tindakan tersebut bisa berjalan mudah dan tidak berpengaruh besar pada aktivitasmu sehari-hari.

Melakukan analisa

Mengenai kebiasaan belanjamu yang berlebihan,ada baiknya kamu melakukan analisa terhadap hal tersebut. Tidak semua kegiatan belanja itu buruk,namun yang patut untuk dipikirkan adalah mengenai mana kebutuhan yang lebih diutamakan dan apa yang harus didahulukan. Dengan mengetahui hal seperti ini,maka kamu bisa memperkecil lingkup kebiasaan belanja yang kamu lakukan. Bisa saja kamu sebenarnya hanya butuh jalan-jalan kecil dan menikmati secangkir kopi,maka artinya kamu tidak perlu membawa kartu kredit dan kartu ATM yang bisa memicu kita untuk berbelanja,terutama bagi kamu yang tidak dapat menahan diri untuk melakukannya. Hal ini perlu dilakukan agar kita bisa mengontrol dan mengatur pengeluaran kita saat sedang berbelanja.

Hitung pengeluaran

Semua orang akan memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangannya. Akan tetapi, apapun cara yang kamu pilih, sebaiknya kamu mengawasi setiap pengeluaran yang kamu lakukan dalam keuanganmu. Selalu luangkan waktu di akhir pekan untuk menghitung dan mengawasi pengeluaranmu. Hal ini akan membantumu mengontrol keuangan dengan baik. Lakukan hal ini sebagai kegiatan wajib bagi kamu.

Ganti kebiasaan lama kamu

Banyak hal yang harus berubah dalam hidup kamu, jika kamu memang ingin mulai hidup hemat dan tidak boros. Kamu bisa mengubah kebiasaanmu dengan mudah. Misalnya, saat kamu senang menikmati minuman di kafe yang terbilang cukup mahal, maka kamu bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan membawa minuman sendiri ke tempat kerjamu, namun jika kamu ingin membeli minuman di luar, belilah minuman di kantin kantor yang harganya jauh lebih murah.

Menghindari godaan

Ketika kamu mengetahui apa yang menjadi kelemahanmu, maka kamu dengan mudah dapat menghindar dari hal tersebut. Hal ini juga berlaku dalam masalah kebiasaan belanjamu yang buruk, di mana kamu akan sering melawan dirimu sendiri ketika kamu sedang jalan-jalan ke mal dan melihat banyak barang-barang bagus di sana. Jauhi mal dan pusat perbelanjaan, jika tempat itu memang membuat kamu sulit berhemat.

Buat pengingat pribadi

Hal ini akan memudahkanmu dalam mengontrol pengeluaran. Beberapa orang membuat tanda pada buku catatan,kartu kredit atau bahkan pada kulkas untuk mengingatkan mereka akan berbagai hal penting yang harus dilakukan. Pilih tanda pengingat yang paling tepat untuk mu, di mana hal itu bisa kamu lihat dan lakukan dengan mudah.

Konsultasi pada ahli keuangan

Ketika kamu benar-benar jenuh dengan berbagai masalah keuangan yang tak kunjung membaik, maka ada baiknya kamu mendatangi seseorang atau ahli keuangan untuk membicarakan hal tersebut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan solusi dan juga dukungan untuk bisa menjalankan keuangan yang lebih baik lagi.

So, sudah siapkah kamu untuk mengubah kebiasaan boros menjadi kebiasaan hidup hemat? Semoga tips ini bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari ya, salam sukses berkah J

 

Jika Anda ingin mengikuti program kami pelatihan bisnis bimbingan Pelatihan Bisnis jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

download E-book Digital Marketing GRATIS DISINI

DAPATKAN E-BOOK ORGANIZE OR DIE GRATIS DISINI

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan bisnis online GRATIS klik DISINI

Sumber: shopback.co.id

Tagged