MULAI DARI 3 HAL INI JIKA ANDA INGIN USAHA TAPI MODAL MINIM

MULAI DARI 3 HAL INI JIKA ANDA INGIN USAHA TAPI MODAL MINIM

usaha-modal-minim

Saat Anda ingin mulai berwirausaha tetapi hanya memiliki modal minim, jangan berkecil hati. Anda masih bisa memanfaatkan sesuatu yang Anda miliki sebagai modal usaha. Asalkan serius dan tidak mudah putus asa, usaha Anda akan menorehkan hasil yang lumayan.

Berikut ide usaha dengan modal minim yang dapat Anda jalankan:

Usaha dengan memanfaatkan ruangan di rumah

Ada banyak sekali usaha yang dapat Anda mulai hanya dengan memanfaatkan ruangan yang ada di rumah dan melengkapinya dengan peralatan yang dibutuhkan tanpa mengeluarkan banyak modal.

Anda yang memiliki keahlian dan kualifikasi sebagai guru misalnya, bisa memulai usaha bimbingan belajar dari ruang tamu rumah Anda sendiri. Tawarkan jasa les Bahasa Inggris atau mata pelajaran lainnya kepada tetangga yang memiliki anak usia sekolah. Selain itu, gunakan promosi dengan cara yang murah meriah yaitu dengan menyebarkan pesan berantai ke relasi Anda. Anda hanya memerlukan modal untuk membeli perlengkapan mengajar saja.

Usaha lainnya yang dapat memanfaatkan ruangan di rumah antara lain berdagang pulsa. Meski keuntungan dari setiap transaksi tidak banyak, tetapi Anda akan mengantongi jumlah yang lumayan apabila mampu menggaet banyak pelanggan. Dengan begitu, dalam sehari Anda akan sering melakukan transaksi. Peluang bisnis pulsa masih cukup besar mengingat tak semua orang terbiasa membeli pulsa di ATM karena terbatas dari segi nominal.

Selain itu, Anda juga bisa memulai bisnis kuliner dengan modal minim di rumah. Cobalah amati kebutuhan masyarakat di sekitar rumah Anda. Anda bisa berjualan aneka makanan untuk sarapan pagi atau menjual lauk pauk untuk makan siang dan malam. Dengan rasa yang enak dan harga bersahabat, para tetangga tak akan sungkan membelinya.

Usaha dengan modal memanfaatkan internet

Anda bisa membangun usaha hanya dengan bermodalkan akses internet saja. Anda sudah melihat sendiri saat ini masyarakat Indonesia mulai terbiasa berbelanja secara online, mengapa Anda tidak memanfaatkan peluang tersebut?

Anda bisa membuka toko online Anda sendiri, cara termudah yang tidak memakan banyak modal usaha adalah dengan membuat akun sosial media khusus untuk digunakan sebagai toko online. Anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan stok barang. Agar toko online cepat berkembang, usahakan tampilannya terlihat profesional, misalnya dengan membuat logo dan nama yang menarik, serta menampilkan foto-foto yang berkualitas.

Anda tak perlu menyediakan stok barang jika menjadi dropshipper. Anda hanya perlu bekerjasama dengan pihak lain yang menyediakan stok barang. Lewat akun toko online yang sudah Anda buat, Anda bisa memajang foto-foto produk dari partner Anda. Saat ada pembeli, partner Anda akan mengirimkan barang atas nama toko online milik Anda.

Usaha dengan modal memanfaatkan keahlian

Jika Anda punya skill tertentu, Anda dapat memanfaatkannya untuk usaha sampingan. Jenis usaha dengan memanfaatkan keahlian antara lain pembuatan website, menawarkan jasa desain, jasa penulisan artikel, jasa pengetikan, hingga jasa fotografi. Manfaatkan sosial media untuk melakukan promosi.

Selain keahlian, modal yang Anda perlukan adalah perlengkapan yang relevan dengan jasa yang Anda tawarkan, misalnya perangkat komputer, laptop, atau kamera.

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel seputar bisnis silahkan klik DISINI

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

 

Sumber:bisnisukm.com

Tagged

KAMU ITU SALES ATAU MARKETING? CARI TAHU PERBEDAANNYA SEKARANG!

KAMU ITU SALES ATAU MARKETING? CARI TAHU PERBEDAANNYA SEKARANG!

kamu-itu-sales-atau-marketing-cari-tahu-perbedaannya-sekarang

Jika ditanya “apakah sales dan marketing itu beda???” sebagian besar masyarakat pasti akan menjawab bahwa dua hal tersebut sama. Padahal sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Namun masyarakat sering menyalah artikan bahwa sales dan marketing memiliki arti yang sama, yaitu jualan produk.

Sebenarnya yang dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.

Sedangkan sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja. Dari pengertian yang ada, sudah  jelas bahwa proses  marketing lebih panjang dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan proses sales.

Dalam strategi marketing, terdapat 4P bahkan ada yang menambahkan sampai 7P, yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), Physical evidence (bukti fisik)Sedangkan sales hanya menjadi salah satu bagian dari promotion (promosi)sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang pemasaran.

Perbedaan selanjutnya dalam strategi marketing, para marketer atau pemasar selalu menjaga brand image product. Sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui kualitas produk dan image brand produk tersebut.

Sedangkan strategi yang dijalankan seorang sales, mereka tidak mementingkan untuk menjaga brand produk, namun yang terpenting mereka menawarkan kepada pasar dengan cara menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli produknya. Dan yang lebih menarik lagi seorang salesman tidak pernah memikirkan apakah konsumen terpuaskan atau tidak, yang terpenting adalah produknya laku terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan terpenuhi.

Meskipun begitu, ada beberapa perusahaan yang menjadikan sales sebagai bagian dari marketing, namun tetap membedakan tugas kerja mereka. Jika marketing fokus pada perencanaan strategi pemasaran produk yang sesuai dengan 4P atau 7P bagian dari marketing mix, maka sales akan mulai bekerja setelah produk sudah siap dipasarkan. Jadi bisa dibilang marketing merupakan tim yang menyusun strategi pemasaran  sedangkan sales merupakan tim pelaksananya.

Perbedaan sales dan marketing lainnya adalah, bahwa hubungan sales dengan konsumen hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak bertanggungjawab lagi menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sedangkan hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Sebuah perusahaan tidak bisa berhasil memenangkan persaingan pasar jika hanya mengandalkan sales. Dan sales tidak akan tercipta dengan baik jika  tanpa didukung dengan strategi marketing yang baik.

Setiap perusahaan bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan mampu merencanakan strategi pemasaran yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya.

Nah, sudah tahu bedanya kan? Lalu, apakah kamu termasuk pelaku usaha yang berjiwa sales atau marketing?

Semoga bermanfaat dan salam sukses berkah !!

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel seputar bisnis silahkan klik DISINI

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

 

Sumber:bisnisukm.com

4 TIPS & TRIK AGAR PRODUK ANDA DITERIMA TOKO RETAIL MODERN

TIPS & TRIK AGAR PRODUK ANDA DITERIMA TOKO RETAIL MODERN

tips-dan-trik-agar-produk-bisa-masuk-toko-retail-modern

Banyak pelaku usaha, pelaku UMKM yang tertarik bagaimana caranya agar produknya bisa dijual di swalayan atau toko ritel modern. Namun karena kurangnya informasi yang dimiliki, membuat produk UMKM sulit diterima oleh pelaku ritel modern.

Sebagai pengusaha, anda harus memperhatikan beberapa hal yang harus anda persiapkan secara rinci. Terkadang membutuhkan waktu sebulan atau bahkan lebih untuk dapat bertemu dengan orang yang berwenang di toko ritel modern tersebut. Selain itu, meyakinkan mereka untuk tertarik dengan produk yang anda miliki bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Namun ketika anda berhasil dalam meyakinkan pihak supermarket, maka anda harus benar-benar siap dalam memenuhi segala sesuatu yang anda janjikan dalam kontrak yang telah anda sepakati. Tunjukkanlah kepada mereka bahwa anda adalah seorang pengusaha yang profesional serta cukup teroganisir dengan baik untuk menjadi seorang pemasok barang di supermarket yang mereka kelola.

Nah, untuk anda yang belum tahu ilmunya, perhatikan 4 tips dan trik berikut ini:

1. PENJUALAN

Gagasan yang lengkap: Pihak supermarket tidak mempunyai waktu untuk membantu anda dalam mengembangkan setiap bagian dari produk yang anda miliki. Oleh karena itu, semua hal yang berkaitan dengan produk anda seperti merek, kemasan, dan strategi pemasaran harus anda tangani sendiri jika anda ingin mereka tertarik dengan produk anda.

Pemasaran: Pihak supermarket tidak akan tertarik dengan produk yang anda miliki jika anda belum memiliki strategi pemasaran yang jelas. Ingatlah, mereka tidak akan melakukan hal tersebut untuk anda.

Akreditasi: Anda harus menyertakan setiap sertifikat yang berhubungan dengan kualitas produk yang anda miliki. Mereka tidak akan mau menanggung risiko dalam menjual produk yang berbahaya atau tidak baik kualitasnya.

Sejarah penjualan: Jika anda memiliki sejarah penjualan produk, tunjukkanlah kepada mereka. Popularitas produk yang anda miliki pasti dapat menarik minat mereka untuk menjadikan anda pemasok barang di tempat mereka. Buatlah data yang sederhana dan mudah dimengerti.

Jangan bersaing dengan produk mereka: Setiap supermarket pasti ingin menjual produk dengan merek mereka sendiri. Jangan sampai anda bersaing secara langsung dengan sesuatu yang telah mereka buat.

2. LOGISTIK

Unit: Ini adalah kata yang digunakan oleh semua supermarket untuk menyebutkan jumlah produk anda. Gunakanlah istilah yang sama dengan yang mereka gunakan, maka anda akan terdengar lebih profesional dalam bidang ini.

Distribusi: Pihak supermarket dapat meminta anda untuk memasok barang dengan jumlah unit yang berbeda. Mereka mungkin dapat meminta 10.000 unit dalam satu tempat, atau mereka mungkin meminta 25 unit di 500 tempat.Pastikan bahwa anda siap dengan segala permintaan tersebut. Dan pastikan biaya pengiriman barang ke tempat yang berbeda sudah termasuk dalam harga produk anda.

Risiko diluar kemampuan: Jangan melampui batas kemampuan yang anda miliki. Jika anda mencoba untuk memenuhi semua pesanan yang ada, namun anda tidak dibayar tepat waktu, maka bisnis anda dapat menemui kegagalan. Jangan sampai anda berada dalam daftar hitam mereka.

3. KONTAK

Pembeli: Setiap toko atau supermarket pasti memiliki target pembeli yang berbeda. Pastikan anda menjadi pemasok barang di toko dengan target pembeli yang tepat.

Bertatap muka: Jangan puas jika seseorang meminta anda untuk hanya mengirimkan contoh produk yang anda miliki, kemungkinan mereka hanya akan menumpuknya atau mengabaikannya. Berusahalah untuk dapat langsung bertatap muka dengan pihak yang berwenang disana.

Sampel: Patikan anda selalu dan selalu membawa banyak contoh produk ketika anda mengadakan janji temu dengan pihak supermarket.

4. KONTRAK

Masa percobaan: Mintalah kepada mereka sebuah masa percobaan jika respon pembeli di supermarket tersebut tidak bagus. Beberapa toko dapat saja memberikan anda kesempatan untuk membuktikan nilai produk yang anda miliki.

Rak Barang: Pastikan anda membicarakan rak apayang akan anda dapatkan, berapa banyak toko yang harus anda isi, dimana lokasinya, berapa unit yang dibutuhkan, serta berapa lama produk tersebut akan dijual disana.

Harga: Hati-hati terhadap klausul dalam negosiasi harga, mereka pasti akan mencoba untuk menawar harga produk anda dengan harga yang sangat rendah. Baca semuanya secara menyeluruh dan jangan mengabaikan nasihat hukum yang anda terima dari seorang ahli hukum.

Eksklusivitas: Ada kemungkinan bahwa pihak supermarket mungkin hanya akan menawarkan kontrak eksklusif kepada anda, hal ini dapat berarti bahwa mereka akan memberikan lebih banyak dukungan kepadaanda dalam masalah penjualan.Namun, anda berisiko kehilangan kesempatan penjualan di tempat lain. Maka jika anda menandatangani kontrak eksklusif, pastikan kontrak tersebut berakhir dalam satu atau dua tahun.

Kembali ke rencana: Apa yang harus anda lakukan jika supermarket tidak memperbaharui kontrak anda setelah masa percobaan enam bulan? Yang harus anda lakukan adalah jalankan rencana anda untuk setiap kemungkinan yang ada.

Semoga dengan anda membaca 4 Tips & Trik Agar Produk Anda Pelaku UMKM Diterima Toko Retail Modern diatas, potensi pemasaran anda akan semakin meluas, dan bisnis anda akan semakin maju dan berkembang. Salam SUKSES BERKAH

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel seputar bisnis silahkan klik DISINI

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

 

Sumber: Bisnisukm.com

Tagged

CARA AGAR UKM BISA JUAL PRODUKNYA DI CARREFOUR

INI CARA AGAR UKM BISA JUAL PRODUKNYA DI CARREFOUR

cara-memasok-barang-produk-ukm-ke-carrefour

Setelah resmi diakuisisi oleh Chairul Tanjung, Carrefour yang kini menjadi PT Trans Retail Indonesia mulai berkomitmen turut mendorong pertumbuhan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk bisa tembus pasar modern.

Semenjak diakuisisi 100 persen oleh Chairul Tanjung, Carrefour kini memfasilitasi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) agar bisa menjual produk-produknya di toko ritel terbesar di Indonesia tersebut. Bahkan sekarang ini 70 persen dari 40.000 suplier (pemasok) Carrefour berasal dari UKM.

Kendati produk-produk Carrefour sekarang ini banyak dipasok dari UKM. Namun pihaknya tetap memperhatikan sisi kualitas produk yang akan dipasarkan di toko tersebut. Kesegaran, keamanan, legalitas produk serta harga yang bersaing, menjadi salah satu faktor penentu produk UKM bisa masuk ke pasar Carrefour.

Bagaimana Cara Memasok Barang ke Carrefour?

Ada beberapa tahapan agar produk UKM bisa dipasarkan di toko ritel modern seperti Carrefour. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu dipenuhi UKM agar produknya bisa masuk Carrefour.

  1. Menghubungi Bagian UKM Buyer

Pertama, pemasok atau pelaku UKM bisa datang langsung ke Carrefour Lebak Bulus (Jakarta Selatan) dan menghubungi bagian “UKM Buyer”. Lantas, bagaimana nasib pelaku UKM di luar Jakarta? Jangan khawatir, pelaku UKM yang berada di luar Jakarta bisa datang langsung ke gerai-gerai Carrefour terdekat. Caranya sama, yaitu menghubungi bagian UKM Buyer.

  1. Membawa Dokumen Lengkap

Tahapan kedua, calon pemasok Carrefour harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat formal. Dokumen tersebut terkait identitas pemilik usaha hingga dokumen legalitas usaha dari pemerintah setempat. Antara lain sebagai berikut :

  • Bawa KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan
  • Keterangan dari Dinas koperasi dan UMKM
  • Khusus produk pangan, harus dilengkapi dengan ijin resmi dari Kementerian Kesehatan dan sertifikasi halal dari MUI
  1. Tunggu Tahap Seleksi dan Penyaringan

Nah, setelah seluruh dokumen lengkap telah diserahkan ke pihak Carrefour, selanjutnya calon pemasok menunggu proses seleksi. Tahapan inilah yang membutuhkan waktu tak sebentar, karena pada tahapan ini akan ada proses seleksi sesuai yang telah disyaratkan oleh pihak Carrefour. Sebab, setiap harinya ada ratusan produk UKM yang masuk dari seluruh Indonesia, dan pihak Carrefour harus melakukan seleksi satu persatu.
Berhasil masuk ke pasar modern seperti toko ritel Carrefour tentu menjadi impian para pelaku UKM. Selain ingin penjualannya meningkat setelah masuk pasar ritel modern, para pemasuk juga berharap produknya bisa dikenal luas oleh masyarakat. Karena sampai saat ini, produk yang masuk ke ritel modern mendapatkan lonjakan kenaikan omzet yang signifikan.

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel seputar bisnis silahkan klik DISINI

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

Semoga Bermanfaat 🙂

 

Sumber: Bisnisukm.com

Tagged

Bekerja dirumah? Kenapa tidak

bekerja-di-rumah-sekolah-bisnis

Ritual bangun pagi, berangkat kerja bermacet-macetan di jalan dan duduk di meja berpetak hingga pulang dan kembali bermacet-macetan sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar karyawan di seluruh dunia, meskipun terkadang bahkan sering membuat jenuh.

Kegiatan tersebut terus dilakukan oleh para karyawan dengan alasasan untuk menyambung hidup. Padahal, seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”, banyak cara untuk melakukan pekerjaan dan kita bebas memilih apakah mau menggunakan cara yang efektif dan efisien atau dengan cara jadul yang cukup efektif tetapi sangat tidak efisien? Atau dalam kasus spesifik apakah Anda memilih bekerja di rumah dengan komputer yang terhubung ke internet atau Anda tetap melakukan ritual jadul dengan bermacet-macet ria pulang dan pergi ke kantor padahal di kantorpun Anda tetap duduk di depan komputer dan terhubung ke internet? Jelas pilihan bekerja dari rumah adalah pilihan yang paling menyenangkan. Di zaman yang modern ini bekerja dari rumah sudah bukan hal yang mustahil lagi karena teknologi saat ini sudah mendukung hal tersebut, tinggal apakah anda atau perusahaan Anda mau melakukannya atau tidak.

Setelah memutuskan untuk bekerja dari rumah, hal berikutnya adalah menentukan tools yang digunakan agar memungkinkan bekerja dari rumah dapat terealisasikan. Saat ini, terdapat beberapa kendala yang muncul ketika kita bekerja dari rumah yaitu komunikasi dengan tim dan sharing data dengan aman ke sesama karyawan perusahaan ataupun klien, untuk menjawab permasalahan tersebut berikut ini tools yang dapat digunakan:

  1. Video conference
    Video conference atau vicon merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan agar kita dapat bekerja dari rumah, dengan adanya vicon kita tidak perlu lagi bertemu secara langsung untuk meeting ataupun berdiskusi mengenai pekerjaan, karena dengan vicon kita dapat berkomunikasi dan bertatap muka secara langsung dengan media komputer dan koneksi internet, salah satu tools untuk vicon yang terkenal adalah Skype.
  2. Cloud Computing
    Cloud computingmerupakan suatu media yang memungkinkan sehingga bekerja dari rumah bisa dilakukan, dengan cloud computing kita seperti memiliki kantor virtual dengan jaringan private dan bisa melakukan sharing data dengan aman seperti berada di kantor sendiri. Belum lagi dengan cloud computing kita tidak perlu melakukan manage server, membayar listrik ataupun sewa gedung, dan yang paling efisien adalah kita tidak perlu bermacet-macet ria untuk mendatangi kantor hanya untuk mengakses data ke server yang kapan saja bisa mati karena banjir, kebakaran ataupun diserang oleh hacker. Resiko-resiko tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan layanan cloud computing. Salah satu penyedia jasa Cloud computing yang pertama di Indonesia adalah PT Lintas Media Danawa dengan produknya yang bernama COZY (Cloud Ezy). Dengan Cozy, Anda tidak perlu repot mengeluarkan cost untuk manage server karena semua sudah ditangani oleh ahlinya, Anda tinggal menggunakan dan sisanya ditangani oleh penyedia layanan Cozy. Resiko kehilangan data pun hilang karena PT Lintas Media Danawa yang merupakan pelopor cloud computing di Indonesia sudah berpengalaman dan memiliki tingkat resiko kehilangan data yang sangat kecil.
  3. Tools kolaborasi
    Tools kolaborasi ini meliputi komunikasi antar karyawan mengenai konteks pekerjaan / proyek maupun pemantauan pimpinan kepada anakbuahnya, saat ini banyak tools yang mendukung untuk kolaborasi antar keryawan salah satunya trello yaitu untuk membagi tugas kepada tim untuk proyek atau pekerjaan tertentu, setiap anggota tim juga dapat mengupdate status tugas yang diberikan melalui tools tersebut. Kemudian ada tools untuk melacak keberadaan karyawan dan memberikan tugas berdasarkan smartphone yang dipegang dengan menggunakan LMD Tracking System yang dikembangkan oleh PT Lintas Media Danawa.

Dengan adanya tools-tools tersebut maka bekerja dari rumah bukan lagi hal yang tidak mungkin dilakukan, bahkan akan menambah efisiensi dan produktifitas karyawan. Jadi masih berfikir mengulangi ritual bangun pagi untuk berangkat kerja bermacet macetan dan duduk di meja berpetak hingga pulang dan kembali bermacet-macetan?

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel seputar bisnis silahkan klik DISINI

Jika Anda ingin mengikuti program kami bimbingan jadi pengusaha selama 1 bulan, silahkan klik DISINI

Sumber: cloudindonesia.com

Tagged

IDE BISNIS SAMPINGAN BUAT KALIAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR

IDE BISNIS SAMPINGAN BUAT KALIAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR

ide-bisnis-untuk-mahasiswa-tingkat-akhir

Tak seperti kesibukan para mahasiswa baru, biasanya memasuki semester lima ke atas kalender perkuliahan tidak sepadat jadwal-jadwal sebelumnya. Kondisi ini tentunya tidak disia-siakan begitu saja oleh sebagian besar mahasiswa, kebanyakan dari mereka memanfaatkan waktu luang tersebut untuk merintis bisnis sampingan yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para mahasiswa.

Kendati jika dilihat dari segi modal, kalangan mahasiswa masih kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada di sekitarnya. Namun berbekal kecintaan atau passion yang mereka miliki, kelangsungan bisnis mahasiswa belakangan ini tak hanya berhasil menguasai pasar lokal di sekitar kampusnya akan tetapi sudah mulai merambah pasar regional maupun nasional. Bahkan, dengan memanfaatkan peran internet yang semakin pesat, sekarang ini kreativitas mahasiswa mulai diakui oleh pasar dunia.

Luasnya akses pengetahuan yang dimiliki oleh kalangan mahasiswa, cukup membantu mereka untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian. Sebagai contoh, salah satu ide bisnis menarik yang bisa dijalankan kalangan mahasiswa semester akhir adalah memproduksi kaos motivasi dengan gambar karikatur.

Target Pasar Yang Dibidik

Sebagai salah satu produk fashion yang paling nyaman dikenakan hampir setiap orang, tentunya sampai saat ini bisnis kaos memiliki peluang pasar yang masih sangat besar. Bahkan tak hanya kalangan anak muda saja yang menyukai produk kaos, namun dari kalangan anak-anak, ABG, ibu-ibu, bapak-bapak, hingga kakek nenek merasa cukup nyaman untuk mengenakan produk kaos. Peluang inilah yang bisa kamu bidik dengan optimal untuk mendatangkan keuntungan cukup besar setiap bulannya.

Mengingat persaingan di bisnis kaos sudah cukup sesak, sebagai mahasiswa tentunya kamu harus lebih kreatif untuk menciptakan ide-ide unik yang belum digunakan oleh produsen lainnya. Contohnya saja seperti membuat kaos motivasi dengan gambar karikatur sang konsumen. Ide bisnis ini cukup menarik, sebab kesan eksklusif yang digambarkan dari custom karikatur setiap konsumen membuat kreasi produk yang kamu ciptakan memiliki pembeda dengan produk kaos lainnya di pasaran.

Merintis Usaha Kaos Motivasi Sebagai Bisnis Sampingan Mahasiswa

Kreativitas anak muda yang tak pernah ada matinya, menjadi modal utama kamu untuk bisa sukses merintis usaha kaos motivasi sebagai salah satu peluang bisnis mahasiswa yang cukup menjanjikan. Waktu luang yang cukup longgar ketika memasuki masa-masa semester akhir, memberikan kesempatan yang relatif luas bagi para mahasiswa untuk merintis bisnis sampingan guna mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulan.

Nah, buat kamu para pemula yang sedang bingung mencari peluang bisnis untuk mahasiswa semester akhir. Tidak ada salahnya bila kamu mencoba memproduksi kaos motivasi dan karikatur untuk mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulan. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu kamu perhatikan ketika merintis bisnis kaos motivasi dan karikatur.

  1. Dalam menjalankan peluang bisnis ini, yang terpenting adalah passion atau kecintaanmu terhadap dunia desain. Mengingat kunci utama kesuksesan produkmu dilihat dari keunikan desain karikatur yang dibuat dan kata-kata motivasi yang dicantumkan, maka penting buatmu untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki.
  2. Asahlah kemampuanmu dengan minat belajar yang tinggi. Untuk menghadapi persaingan yang semakin pesat, tentunya kamu tidak bisa hanya mengandalkan passion ataupun keahlian yang telah dimiliki. Agar tak kalah bersaing dengan desain-desain terbaru milik para kompetitor, maka sebaiknya asah kembali kemampuanmu dengan belajar langsung dari para ahli desain.
  3. Pilihlah material atau bahan kaos yang nyaman digunakan oleh konsumen. Hal ini penting karena selain dinilai dari segi desain, kualitas bahan kaos juga menjadi faktor penentu kepuasan para pelanggan.
  4. Tiupkanlah roh pada merek produkmu. Selain menjaga kualitas produk yang ditawarkan, tentunya kamu juga perlu menciptakan brand atau merek yang mengena di hati calon konsumen. Sebagai identitas produk, pilihlah merek atau brand yang mudah dikenali konsumen dan menancap di benak pelanggan.
  5. Pelayanan prima menjadi kunci utama kamu memenangkan persaingan usaha. Tak hanya kualitas produk saja yang perlu kamu perhatikan, namun pelayanan terhadap konsumen seperti misalnya lamanya proses pengerjaan pesanan, sistem pengiriman barang yang ditawarkan, serta layanan purna jual yang diberikan juga harus bisa menyenangkan setiap pelanggan.

Keuntungan Bisnis Mahasiswa

Tidak begitu sulit untuk memproduksi kaos motivasi dan karikatur. Modal usaha yang dibutuhkan pun sebenarnya tidak terlalu besar. Sebagai seorang mahasiswa yang masih terbilang awam dalam dunia usaha, kamu bisa memproduksi sedikitnya 12 buah kaos yang bisa kamu jadikan sebagai sample produk. Yang terpenting buatlah desain kaos seunik dan sebagus mungkin sebelum akhirnya kamu tuangkan ke dalam sebuah kaos. Usahakan untuk membuat desain yang limited edition, bila perlu satu desain hanya diproduksi menjadi satu buah kaos. Dengan begitu, daya tarik produk kaos yang kamu produksi bisa semakin meningkat dan menjadi salah satu pembeda dengan merek kaos lainnya.

Lahirnya ide-ide segar dari kalangan mahasiswa juga menjadi nilai tambah bagi produk kaos yang diproduksi. Melihat sekarang ini persaingan bisnis di Indonesia semakin sengit, penting buat kamu untuk mengeluarkan ide-ide kreatif untuk memenangkan persaingan pasar. Misalnya saja menjadikan karikatur sebagai salah satu nilai tambah pada kaos motivasi yang kamu produksi, melengkapi produkmu dengan packaging yang eksklusif, serta membatasi jumlah pembelian setiap konsumen agar mereka semakin penasaran dengan keunggulan produk kaos yang kamu pasarkan.

Kendala Menjadikan Kaos Sebagai Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Dari sekian banyak kendala yang ada, masalah klasik yang sering dianggap sebagai kendala oleh kalangan pengusaha muda adalah minimnya modal, minimnya pengetahuan, dan minimnya keberanian untuk segera action atau memulai. Sebagian besar dari mereka masih menganggap modal uang sebagai faktor utama keberhasilan sebuah usaha. Padahal, sebenarnya minimnya modal bisa kita siasati dengan kreativitas yang kita miliki. Contohnya saja mengikuti lomba proposal bisnis yang sering diadakan di kampus-kampus, bekerjasa dengan pengusaha konveksi untuk bisa maklon (titip produksi) kaos motivasi di perusahaan mereka, atau bisa juga berjualan di ranah online dengan modal sketsa desain kaos dan baru mulai mencetaknya setelah mendapatkan orderan dari calon konsumen. Cara ini cukup efektif untuk menyiasati minimnya modal yang dimiliki para mahasiswa.

Sedangkan untuk mengatasi minimnya pengetahuan dan keberanian untuk memulai usaha, kamu bisa mulai mengikuti unit kegiatan mahasiswa (organisasi mahasiswa) yang berhubungan dengan kewirausahaan. Dari wadah tersebut, kamu bisa mendapatkan tambahan ilmu mengenai dunia usaha, bisa sharing dan berbagi pengalaman dengan sesama mahasiswa yang tertarik di bidang yang sama. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bila kamu juga mendapatkan partner bisnis yang memiliki ide bisnis serta ketertarikan yang sama di bidang usaha kaos.

Strategi Pemasaran Bisnis Kaos Motivasi

Dalam menjalankan berbagai macam peluang usaha, strategi pemasaran menjadi salah satu ujung tombak yang bisa menentukan kesuksesan sebuah usaha. Hal inilah yang seringkali diabaikan oleh sebagian besar pengusaha muda. Kebanyakan dari mereka lebih fokus memikirkan bagaimana caranya untuk memulai proses produksi tanpa merencanakan dengan baik strategi pemasaran yang akan dijalankan. Alhasil, produk-produk unik yang pada awalnya memiliki nilai jual cukup tinggi hanya menumpuk di gudang penyimpanan dan akhirnya dijual murah untuk mengembalikan modal usaha yang telah mereka keluarkan.

Tentu kondisi seperti ini sering kita temui dikalangan para pemula, karenanya untuk menghindari kemungkinan buruk seperti di atas. Berikut ini kami informasikan lima strategi pemasaran yang bisa dijalankan para mahasiswa untuk mempromosikan bisnis kaos motivasi yang dirintisnya.

  • Mulailah dari orang-orang terdekatmu. Untuk menciptakan ketertarikan dari masyarakat luas, tentunya kamu bisa mengawalinya dari orang-orang terdekatmu. Gandeng teman-teman terdekatmu sebagai brand ambassador, untuk menarik minat calon konsumen lainnya di sekitar kampus.
  • Setelah orang-orang di sekitar kampus mulai mengenal produkmu, jangan ragu untuk mempromosikannya di beberapa kegiatan kampus. Misalnya saja mengikutsertakannya di acara bazar kampus, membuka stand kaos di acara pentas seni kampus, dan lain sebagainya.
  • Rambah pasar maya untuk memperkuat brand produk yang kamu miliki. Mengingat hampir setiap mahasiswa cukup dekat dengan dunia maya, maka tak ada salahnya bila kamu memanfaatkan kondisi ini untuk menarik minat calon konsumen. Dalam hal ini kamu bisa mempromosikan produk kaos melalui website toko online dan situs jual beli online (marketplace) lainnya.
  • Bangun loyalitas konsumen melalui social media. Sekarang ini bisa dipastikan hampir setiap mahasiswa memiliki ponsel pintar atau smartphone. Melalui gadget tersebut, kamu bisa meningkatkan loyalitas konsumen dengan aktif menyapa mereka melalui akun social media yang kamu miliki, contohnya saja melalui BlackBerry MessengerInstagramWhatsAppFacebookTwitter, dan lain-lain.
  • Buatlah calon konsumen penasaran dengan produkmu. Biasanya, calon konsumen apalagi yang notabene berasal dari kalangan anak muda, senang dengan sesuatu yang unik dan memancing rasa penasaran mereka. Untuk itu, kamu bisa menyusun strategi pemasaran unik seperti misalnya membatasi jumlah pemesanan produk, memberikan cash back sebesar Rp 10.000,00/ kaos bagi mereka yang beruntung, memilih kemasan produk yang unik, serta memberikan gratis kaos bagi konsumen yang bisa mengajak 5 orang temannya memesan kaos motivasi di tempat Anda.

Kunci Sukses Bisnis Untuk Mahasiswa

Pengusaha muda yang tidak cepat puas dengan keberhasilannya dan memiliki visi besar untuk mengembangkan kemampuan dirinya, diyakini bisa terus eksis membesarkan bisnis sampingannya menjadi peluang usaha masa depan yang menjanjikan keuntungan cukup besar setiap bulannya. Bersainglah dengan konsep dan berpikirlah untuk kepentingan pasar, karena sebagai pengusaha kamu juga harus bisa melihat segala sesuatunya dari kacamata calon pelangganmu.

Jangan pernah takut akan kegagalan, karena dari kegagalan kita bisa banyak belajar hal-hal baru yang bermanfaat bagi karir kita di dunia usaha. Ingat, tak ada jalan pintas menuju sukses, karena setiap langkah yang kita pijak adalah pelajaran baru bagi kita untuk bisa naik level menuju kesuksesan yang sebenarnya.

Dengan kreativitas dan minat yang tinggi dalam menjalankan peluang usaha, bisnis yang dijalankan para mahasiswa pun tak kalah bersaing dengan usaha lainnya di pasaran bebas. Nikmati peran ganda sebagai mahasiswa sekaligus pengusaha muda, dan datangkan untung besar dari peluang bisnis mahasiswa yang sedang kamu kembangkan saat ini. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses berkah !

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel seputar bisnis silahkan klik DISINI

Sumber: Bisnisukm.com

Tagged

MENJALANKAN BISNIS FRANCHISE MAKANAN, APA UNTUNGNYA?

MENJALANKAN BISNIS FRANCHISE MAKANAN, APA UNTUNGNYA?

franchise-makanan-keuntungan

Bisnis franchise makanan sekarang ini sudah semakin berkembang dengan pesat. Mulai dari franchise lokal maupun internasional sudah menghiasi perkembangan dunia bisnis terutama di Indonesia. Munculnya bisnis franchise sekarang ini sudah banyak dicari oleh masyarakat mengingat peluang bisnis franchise sangat menjanjikan bagi para pelakunya.

Ada berbagai jenis makanan yang telah banyak ditawarkan menggunakan sistem franchise atau kemitraan. Biaya untuk investasi pun juga beragam mulai dari biaya rendah sampai yang tinggi dapat dikelola dengan sistem franchise. Semakin terkenal merek yang dimiliki, maka akan semakin mahal juga biaya investasi yang ditawarkan.

Keuntungan Bisnis Franchise Makanan

Bisnis franchise makanan memang memiliki prospek yang sangat cerah. Jika diperhatikan, bisnis franchise ini semakin meningkat seiring dengan banyaknya para pencari bisnis makanan dengan sistem kemitraan. Karena sistem tersebut sangat membantu para pemula bisnis yang ingin mendapatkan kemudahan dalam bisnis franchise makanan.

Bisnis makanan telah menjadi wahana yang mulai sejak dulu memiliki prospek bisnis yang sangat menguntungkan. Berbagai macam jenis makanan banyak menghiasi sepanjang jalan di kota-kota besar. Hal itu karena banyak ditawarkan bisnis franchise makanan dengan modal relatif kecil namun keuntungan yang dijanjikan lumayan besar.

Bisnis franchise makanan dapat dengan mudah dijalankan. Mulai dari bahan-bahan makanan, resep makanan hingga alat produksinya sudah disiapkan dan disediakan oleh para franchisor atau pemberi waralaba.

Selain itu, makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok atau primer bagi seluruh manusia. Karena alasan itulah bisnis makanan tersebut tidak akan pernah ada matinya selama manusia hidup dan masih membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, peluang bisnis franchise makanan sangatlah besar dan berpotensi pada keuntungan yang tentunya juga lebih besar.

Yang tak kalah penting lagi adalah pilihan untuk bisnis franchise makanan sangat banyak dan beraneka ragam. Sehingga Anda sebagai calon pelaku bisnis franchise dapat dengan leluasa memilih jenis produk atau jasa dalam bisnis tersebut. Selain itu, para franchisor atau pemberi franchise juga akan bersikap terbuka kepada dan tidak enggan untuk memberikan pelatihan khusus bagi para penerima franchise untuk meningkatkan potensi keuntungan dari bisnis makanan.

Meskipun mudah untuk dijalankan, namun para franchisee maupun franchisor harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mencapai keberhasilan. Kunci sukses menjalankan bisnis franchise makanan adalah pemilihan lokasi yang strategis. Dengan lokasi yang strategis maka peluang untuk dikunjungi banyak konsumen juga akan semakin besar.

Terakhir, pilihlah juga bisnis yang memiliki prospek bagus untuk menghindari kebangkrutan karena kini sudah semakin banyak bisnis franchise makanan yang tersebar di berbagai lokasi yang membuat persaingan bisnis semakin ketat.

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel seputar bisnis silahkan klik DISINI

Sumber: Bisnisukm.com

Tagged

3F JADI KUNCI SUKSES MENGEMBANGKAN BISNIS FRANCHISE

3F JADI KUNCI SUKSES MENGEMBANGKAN BISNIS FRANCHISE

mengembangkan-bisnis-franchise

3F: FOCUS, FOCUS, DAN FOCUS. Mendengarkan masukan dari mitra dan memperbaikinya sehingga simbiosis mutualisme itu terjadi yakni saling menguntungkan dan saling membutuhkan,” Hendra-Revo

Begitulah salah satu kunci sukses Hendra dalam mengembangkan bisnis makanan dan minuman melalui sistem franchise. Setelah pertama kali membuka usahanya tersebut pada tahun 2009, Hendra kini sukses mengembangkan bisnis tersebut dengan ratusan mitra yang tersebar di berbagai daerah di tanah air.

Keputusan mengembangkan usaha dengan sistem franchise seolah merubah nasib dari mantan direktur di salah satu perusahaan food supplement di Jakarta tersebut. Seperti apa kisahnya? Berikut wawancara Hendra bersama tim liputan bisnisUKM:

Metode pemasaran yang Anda jalankan ketika awal mula menjalankan usaha?

Pada waktu itu adalah membuka gerai sendiri dan sangat ramai sehingga muncul ide untuk mengembangkan usaha ini. Bersamaan dengan itu banyak permintaan dari pelanggan yang ingin buka usaha Revo ini di daerah daerah. Atas dasar itulah timbul ide untuk mewaralabakan makanan minuman Revo ini.

Setelah berjalannya waktu, apakah Anda merubah sistem/ metode pemasaran?

Tidak, sejak diwaralabakan pertama tahun 2009 sampai dengan sekarang tidak pernah merubah metode pemasaran.

Kenapa memutuskan mengembangkan sistem pemasaran dengan franchise?

Karena banyaknya permintaan dari pelanggan yang ingin membuka usaha tersebut, selain itu rasanya juga pas di lidah sehingga terjadi permintaan yang dahsyat.

Respon pasar dengan paket kemitraan (franchise) yang Anda tawarkan?

Dari sejak di luncurkan tahun 2009 sampai dengan sekarang Puji Tuhan kami bisa bertahan hingga saat ini tahun 2015.

Bagaimana Anda mengedukasi klien tentang paket kemitraan yang dikembangkan? (misal: melakukan workshop)

Melalui pameran pameran, serta saat ini masyarakat rata rata sudah mengetahui konsep franchise.

Bagaimana Anda mengevaluasi mitra yang sudah menjalin kerjasama?

Gampang, dimana ada 3 kategori mitra yakni mitra aktif dimana mitra ini sering melakukan repeat order bahan baku; mitra musiman dimana mitra tersebut hanya sesekali melakukan repeat order bahan baku; serta mitra tidak aktif yakni mitra yang tidak pernah melakukan repeat order karena banyak hal.

Apakah ada tim khusus yang menghandle sistem kemitraan (franchise) yang Anda terapkan?

Sudah pasti ada, karena team tersebut berfungsi menangani hal-hal yang berhubungan dengan kemitraan, baik itu support maupun yang lainnya.

Kendala yang Anda hadapi di lapangan terkait sistem kemitraan (franchise) tersebut?

Banyaknya mitra yang menggunakan bahan baku yang bukan berasal dari kami sehingga menyebabkan cita rasa yang sedikit berbeda. Selain itu banyaknya bermunculan perusahaan perusahaan ilegal alias tidak memiliki izin seperti SIUP, TDP, NPWP dalam menjalankan usahanya. Mereka menawarkan harga yang lebih murah hingga banyak mitra kami yang tergiur untuk membeli bahan baku murah yang notabene kualitas dan rasanya sangat dipertanyakan.

Tips dan trik versi Anda untuk pengusaha lain yang ingin mengembangkan sistem kemitraan(franchise)?

Persaingan bisnis makin ketat bahkan persaingan dalam harga pun sudah terjadi perang harga. Tips untuk pengusaha lain yang perusahaannya belum memiliki izin usaha sebaiknya mengurus izin usahanya serta membayar pajak. Serta perhatikan mutu dan kualitas produk, baru kemudian siap untuk di franchise kan jadi tidak asal jadi yang merusak nama franchiseitu sendiri.

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel bisnis lainnya silahkan klik DISINI

Sumber:Bisnisukm.com

Tagged

PLUS MINUS BISNIS FRANCHISE MAKANAN GEROBAK

PLUS MINUS BISNIS FRANCHISE MAKANAN ALA GEROBAK

makanan-gerobak

Berbicara mengenai perkembangan peluang bisnis franchise makanan di Indonesia, investasi di bidang kuliner memang masih menjadi primadona bagi para investor yang tertarik dengan sistem kemitraan. Besarnya prospek bisnis makanan yang tak pernah abis ditelan zaman, serta praktisnya pengelolaan bisnis dengan sistem kemitraan. Membuat sebagian besar masyarakat tertarik menginvestasikan modal yang mereka miliki untuk begabung dengan perusahaan lokal maupun asing yang menyelenggarakan berbagai kemitraan.

Beragam merek franchise pun kini mulai ditawarkan franchisor kepada para calon mitra, dari mulai investasi waralaba yang bernilai milyaran rupiah, sampai kemitraan ala gerobak yang bisa dijangkau para mitra dengan biaya yang tidak terlalu besar. Dan ternyata dari berbagai kemitraan yang ditawarkan, sistem franchise makanan ala gerobaklah yang berhasil memberikan daya tarik terbesar bagi para masyarakat, sehingga tidak sedikit para franchisoryang berhasil menggaet ratusan mitra dengan sistem kemitraan tersebut.

Meskipun perkembangan pasar franchise saat ini cukup besar, namun ada baiknya jika Anda mengetahui plus minus franchise makanan ala gerobak yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, sebelum akhirnya memilih sebuah merek franchise yang akan Anda tekuni.

Kelebihan Franchise Makanan ala gerobak

  1. Franchise makanan ala gerobak investasinya cukup murah dan bisa balik modal dengan cepat. Biasanya para franchisor menawarkan kemitraan ala gerobak dengan investasi mulai dari dua juta rupiah sampai belasan juta rupiah. Selain itu sistem kemitraan ini balik modalnya juga terbilang cepat, rata-rata para franchisor memberikan jaminan kepada para mitranya dengan jangka waktu balik modal kurang dari satu tahun. Tak heran jika banyak orang  tertarik dengan kemitraan ala gerobak ini, karena keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan.
  2. Persiapan usaha mudah. Pada umumnya kemitraan ala gerobak hanya membutuhkan lokasi usaha yang strategis, sedangkan untuk peralatan dan bahan baku awal semuanya disupport oleh franchisor. Sehingga para mitra hanya perlu mempersiapkan lokasi usaha, dan calon tenaga kerja saja. Selebihnya ditanggung oleh perusahaan yang menyelenggarakan kemitraan.
  3. Minim biaya operasional. Dengan sistem gerobak, para mitra tidak membutuhkan lokasi usaha yang besar, sehingga biaya sewanya juga tidak terlalu mahal. Sebagai gambaran, para mitra bisa menyewa lokasi sekitar 2-3 mdi depan minimarket atau di pinggir jalan yang ramai dilalui orang. Disamping itu, kemitraan gerobak juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Paling banyak hanya mempekerjakan dua orang tenaga kerja saja. Jadi, setiap bulannnya tidak memakan biaya operasional yang terlalu besar.

Kekurangan franchise makanan ala gerobak

  1. Produk yang ditawarkan kurang menarik. Meskipun saat ini banyak franchisor yang mewaralabakan bisnisnya, namun tidak semua produk yang ditawarkan berhasil menarik minat konsumen. Selama ini produk kemitraan yang ditawarkan para franchisor adalah produk makanan yang sudah umum dipasaran. Seperti burger, kebab, fried chicken, serta teh kemasan yang sebenarnya sudah banyak ditawarkan dengan berbagai merek. Karena itu sebelum bergabung dengan sebuah kemitraan, pastikan untuk memilih produk yang benar-benar berkualitas dan memiliki potensi pasar cukup bagus.
  2. Kontrol bisnis yang masih lemah. Perkembangan jumlah mitra yang semakin meningkat, ternyata tidak selalu berdampak baik bagi para mitranya. Terutama bagi mitra yang lokasinya cukup jauh dengan franchisor, bisa dipastikan operasional bisnis mereka tidak bisa terkontrol dengan baik. Oleh karena itu, walaupun ada franchisor yang akan membantu Anda dalam menjalankan usaha, namun jangan sepenuhnya bergantung kepada mereka. Belajarlah menjalankan usaha secara mandiri, dengan bimbingan darifranchisor Anda.
  3. Komitmen para mitra kurang kuat. Murahnya biaya investasi yang ditawarkan para penyelenggara kemitraan ala gerobak, membuat sebagian besar para mitra menjadikan usaha tersebut sebagai ajang coba-coba. Sehingga mereka tidak menjalankan kemitraan dengan serius, dan akan meninggalkan kemitraannya bila omset yang dihasilkan ternyata tidak bisa optimal. Kondisi ini tentunya akan merugikan franchisor dan mitra lainnya, sebab hal tersebut membuat citra sebuah franchise dipandang kurang  berkualitas oleh para konsumen.
  4. Persiapan franchisor yang kurang matang. Sekarang ini tidak hanya para mitra saja yang menjalankan bisnis waralaba dengan coba-coba, tidak sedikit para franchisor yang menawarkan sistem kemitraannya dengan perencanaan yang kurang matang. Sehingga kemitraan tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar, dan akhirnya hanya kandas di tengah persaingan bisnis waralaba yang kian tinggi.

Maka dari itu sebagai calon investor yang tertarik dengan peluang bisnis waralaba. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu semua penawaran yang Anda dapatkan dari para franchisor, dan pastikan bahwa kemitraan tersebut telah dijalankan secara serius oleh pemiliknya sehingga prospek pasar yang ditawarkan memang benar-benar bagus.

Demikian tips bisnis yang dapat kami informasikan untuk pekan ini, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan membantu para calon investor yang sedang mencari peluang bisnis waralaba. Selamat mencoba dan salam sukses Berkah 🙂

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel bisnis lainnya silahkan klik DISINI

Sumber: Bisnisukm.com

Tagged

NGGAK PENGEN RUGI JUALAN ONLINE? COBA 5 TIPS DARI GOOGLE INDONESIA

NGGAK PENGEN RUGI JUALAN ONLINE? COBA 5 TIPS DARI GOOGLE INDONESIA

jualan-online
Jualan Online

Sekarang pertumbuhan bisnis online rasanya sudah sulit dibendung lagi, bahkan popularitas pada pedagang konvensional kini sudah mulai tergeser oleh beragam jenis bisnis jualan online.

Aktivitas belanja online memang memberikan kemudahan bagi para konsumen, cukup memesan barang lewat smartphone konsumen sudah bisa mendapatkan barang belanjaan yang diinginkan. Meski begitu, ternyata sampai saat ini tak semua orang percaya pada toko online atau online shop. Banyak konsumen yang masih percaya dengan toko konvensional karena mereka takut terkena penipuan online.

Inilah yang harus bisa diatasi para penjual online, karena meski secara umum pertumbuhannya cukup pesat tapi bukan berarti bisnismu bisa langsung meroket dalam waktu relatif singkat. Agar bisnis onlinemu bisa terus berkembang sampai meraih kesuksesan, setidaknya ada 5 tips bisnis online yang perlu kamu jalankan, seperti pesan dari E-commerce menurut Head of e-Commerce Google Indonesia, Henky Prihatna (dikutip dari Liputan6.com).

Pertama, Intiral Research. Dalam tahap ini, Anda harus benar- benar melampirkan informasi yang jelas tentang usaha Anda. Selain itu, kecepatan site loading juga penting dan perlu diperhatikan agar tidak ditinggalkan oleh calon pembeli.

Kedua, Further Reasearch. Pada tahap ini, kecepatan site loading juga masih dibutuhkan. Namun, pada tahap ini Anda perlu memperhatikan pula stok barang yang Anda jual dan tersedia di toko Anda.

Ketiga, Purchasing. Pada tahap in, Anda sebagai pemilik usaha harus memberikan pengalaman yang baik bagi konsumen. Agar Anda bisa dipercaya. Dalam hal ini pengalam yang baik bagi konsumen dapat berupa pembayaran yang mudah, banyak tersedia metode pembayaran, dan banyak pilihan lainnya.

Keempat, Order Fulfillment. Tahap ini dimana Anda harus memperhatikan tentang bagaimana Anda mengantarkan barang belanjaan para konsumen. Anda bisa memberikan pelayanan pengantaran cepat untuk para konsumen Anda dan memberi mereka biaya atau pajak yang murah dalam pengantaran.

Kelima, Post- purchaseReturns. Tahap ini yang belum banyak dilakukan oleh para pebisnis online, yaitu bisa menukar barang. Ini belum banyak di lakukan karena takut di salahgunakan oleh konsumen mereka.

 

Jika Ingin Konsultasi Bisnis Silahkan Hubungi Kami (GRATIS!!) : 081233340567 atau jika ingin membaca artikel bisnis lainnya silahkan klik DISINI

Sumber:Bisnisukm.com

Tagged