4 Cara Mengatasi Kesalahan Saat Presentasi Kerja

Gak sedikit orang yang masih gugup saat melakukan presentasi kerja. Entah presentasi ke bos di kantor atau ke klien, materi presentasimu tentunya menentukan nasib perusahaan ke depannya.

Untuk menghindari gugup, banyak juga yang mencari kiat sukses presentasi melalui internet. Melihat tips-tips presentasi di Internet membuat kita sedikit percaya diri.

Dengan ilmu yang kita dapatkan dari bacaan singkat dijamin rasa deg-degan akan sirna, meski itu hanya sesaat. Karena biasanya saat di lokasi rasa gugup itu akan kembali hadir.

Kalau sudah gugup berlebihan, seringkali kita melakukan kesalahan-kesalahan yang gak perlu. Misalnya, salah sebut data, salah ucap, atau bahkan sampai salah materi. Kebayang gak malunya kayak gimana kalau sampai salah gitu?

Padahal, presentasi tersebut sangat penting bagi keberlangsungan karier dan perusahaanmu ke depannya.

1. Tetap tenang dan rileks

Berbuat kesalahan itu hal yang wajar. Maklum saja, tidak ada manusia yang sempurna, jadi semuanya pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk saat presentasi.

Dampaknya ketika melakukan kesalahan, biasanya fokus akan terpecah saking paniknya. Kamu jadi bingung memikirkan kesalahan itu ketimbang melanjutkan presentasi dengan benar.

Alhasil, presentasi jadi berantakan dan pesan yang diucapkan tidak tersampaikan dengan jelas kepada peserta. Untuk menghindari hal-hal buruk ini, berusahalah tetap tenang dan rileks.

Contoh kesalahan yang biasa terjadi, laptop atau proyektor mati secara tiba-tiba. Kemudian bingung harus bertindak seperti apa, saking paniknya kamu justru secara spontan malah minta tolong kepada audiens.

Itu bukanlah tugas audiens, apalagi kalau mereka atasan kamu, kalau yang dimintai tolong levelnya lebih rendah dari kamu sih santai-santai saja.

Cara yang paling benar adalah, tetap tenang dan jangan berdiam diri saja. Minta izin ke para audiens untuk memperbaiki masalah ini dalam beberapa menit.

Supaya gak buang-buang waktu, langsung deh kamu panggil teknisi, atau orang IT di perusahaanmu untuk mengatasi permasalahan.

Baca Juga : Bagaimana Menjadi Orang Sukses Sekarang Juga?

2. Mengakui kesalahan  

Gak ada gunanya melakukan pembelaan ketika berbuat kesalahan saat presentasi. Kiat sukses untuk menghadapi masalah yang satu ini dengan meminta maaf.

Meminta maaf dan mengakui kesalahan bukanlah hal yang hina dan justru perbuatan yang sangat baik. Jangan sekali-kali untuk menyalahkan orang lain.

Misalnya, kamu membacakan data yang salah di slide presentasi kamu, padahal yang membuatkan materi tersebut sekretarismu.

Saat berada di situasi ini, jangan sekali-kali menyalahkan sekretarismu, lebih baik akui saja dan meminta maaf kepada para audiens tentang kesalahan data. Setelah meminta maaf segera sampaikan perbaikannya.

Yang terpenting lagi, usahakan kalau kamu menyadari kesalahan itu lebih dahulu, daripada para audiens.

3. Lontarkan candaan

Kesalahan saat presentasi kadang bisa diatasi dengan sebuah candaan. Membuat orang tertawa akan mengalihkan pikiran mereka terhadap suatu masalah yang lebih besar di belakangnya.

Jadi ketika kamu melakukan kesalahan, coba dengan cepat untuk melontarkan candaan yang bisa membuat orang tertawa berkaitan dengan kesalahan yang kamu buat.

Ketimbang menyalahkan orang lain, lebih baik kamu tertawakan kesalahanmu sendiri, dan segera perbaiki. Tapi kiat sukses yang satu ini kayaknya perlu kamu sesuaikan dengan audiensnya.

Kalau misalnya audiens-nya santai meskipun levelnya lebih tinggi dari kamu, ya silakan saja dilakukan. Namun, jika mereka orang-orang serius dan kaku, lebih baik jangan lontarkan candaan, kalau garing takutnya mereka malah ilfeel sama kamu.

Baca Juga : Ingin Bisnis Keluarga Panjang Umur? Ikuti Kiat-Kiat Ini

4. Keluarkan kreativitas

Kiat sukses menghindari masalah yang satu ini cocok ketika kamu dihadapkan dengan masalah teknis, misal laptop crash, atau mati di tengah presentasi. Nah, dalam menghadapi masalah seperti ini, kamu jangan buru-buru panik.

Bila kamu sudah memanggil teknisi dan mereka gak kunjung datang, jangan hanya berdiam saja, audiens pasti juga bakalan bosen nungguin teknisinya datang.

Keluarkan kreativitasmu untuk terus dapat melanjutkan presentasi, salah satu caranya gunakan papan tulis yang ada di ruangan.

Untuk menggunakan cara ini, pastikan dulu kamu sudah menghafal materi yang akan kamu presentasikan. Jika tiba-tiba terjadi masalah seperti di atas, kamu tinggal melanjutkan presentasi dengan menuliskannya di papan tulis.

Kesalahan adalah hal yang gak bisa dihindari, kamu harus bisa mengatasinya dengan baik dan benar.

Lakukan beberapa tips kiat sukses menghindar dari kesalahan yang tertulis di atas tadi. Tapi, lebih baik kamu harus persiapkan segalanya dengan matang sebelum presentasi.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *