Wejangan Dari Orang Sukses Untuk Agar Usaha Lancar

Cukup mengejutkan, karena di tahun 2019 ini sang pendiri Triputra Group Theodore Permadi Rachmat dan keluarganya telah masuk ke urutan ke sembilan orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Jumlah kekayaannya pun naik hingga US$ 1,7 miliar atau Rp 24 triliun.

Mantan bos Astra Group ini, mengawali kariernya sebagai seorang sales. Namun berkat jerih payahnya, dia bisa naik jabatan hingga menduduki kursi direktur.

Di bawah kepemimpinannya, Astra berkembang pesat. Anak perusahaannya pun kian bertambah di tahun 1989, alhasil Theodore Permadi Rachmat pun diangkat jadi komisaris di tahun 1998 hingga 2000.

Singkat cerita, dia pun ingin lepas dari zona nyaman dan mencari tantangan baru dengan mendirikan Triputra Group. Perusahaan yang satu ini aktif di sektor agrikultur, manufaktur, perdagangan dan pelayanan, pertambangan, hingga dana pensiun.

Sebagai salah satu konglomerat ternama di Indonesia, TP Rachmat pun punya sedikit kiat yang cukup inspiratif bagi kita yang bercita-cita jadi pemimpin bisnis. Berikut adalah nasihat Theodore Permadi Rachmat .

1. Akan terus bekerja

Sebagai seorang yang sudah kaya raya, Theodore Permadi Rachmat tetap menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok yang cinta negara.

Dia juga mengatakan bahwa melihat tiadanya masyarakat miskin di Indonesia memang mustahil. Tapi, sebagai manusia yang lahir, tumbuh, dan berusaha di Indonesia, dia wajib bekerja membangun negaranya sendiri.

Karena itulah satu-satunya hal yang bisa diberikan seorang yang sudah mencicipi kesuksesan pada negaranya. Salut banget pak!

Baca Juga : INSPIRASI BISNIS: Lihat Peluang Kaus Olahraga di Momentum Asian Games 2018

2. Membangun bisnis

Tanpa sebuah values, bisnis yang kita bangun pasti gak bisa bertahan lama. Dan hal itu tentu bisa membuat bisnis kita berantakan di kemudian hari.

Sebagai pemimpin, kita tentu memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Dan hal itu tidak selesai hanya pada saat kita berhasil menghasilkan keuntungan yang luar biasa besar saja lho.

Membangun generasi dan bangsa juga merupakan tanggung jawab dari seorang pemimpin bisnis.

Terkait hal yang bersifat values ini, Theodore Permadi Rachmat juga mengutip pernyataan mendiang Benny Subianto. Intinya, tanpa nilai yang kokoh manusia akan jadi serakah, kejam, dan cacat etika. Ngeri ya.

3. Waktu sangat penting

Waktu memang gak bisa diulang-ulang, karena di dunia ini gak ada mesin waktu. So, penting banget untuk memastikan bahwa apa yang kita lakukan bisa mendekatkan kita pada tujuan kita.

Theodore Permadi Rachmat mencoba mengutip apa yang dikatakan oleh mendiang Steve Jobs, “If today were the last day of my life, would I want to do what I am about to do today?”

Intinya, stop buang-buang waktu buat hal yang gak penting deh. Fokus pada tujuanmu di masa depan kalau memang kamu ingin cepat sukses.

Baca Juga : INSPIRASI BISNIS: Buat Senang Para Wanita dengan Jualan Aksesoris yang Up to Date!

4. Semakin tinggi jabatan, makin besar tanggung jawab

Kalimat ini mungkin sering kamu dengar terutama ketika kamu menonton film Spiderman di adegan kematian pamannya Peter Parker.

Semakin tinggi jabatanmu atau semakin makmur dirimu, maka semakin besar juga tanggung jawabmu. Theodore Permadi Rachmat sudah merasakan hal itu.

Berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan tentu bergantung pada pemimpinnya. Begitu pula dengan sebuah bangsa. Semakin tinggi pencapaianmu maka kamu pun akan mengemban tanggung jawab yang luar biasa.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *