3 Langkah Positif Ketika Anda Mendapat Masalah Kerja

Berpikir positif adalah salah satu sifat yang seharusnya dimiliki oleh para karyawan. Karena dikutip dari LinkedIn, karyawan yang mampu menghindar dari hal-hal negatif, memiliki kelebihan untuk mengatasi masalah dengan sangat mudah.

Artinya, orang-orang dengan sifat ini, lebih mudah peka terhadap suatu permasalahan, dan cenderung tidak menghindar ketika dihadapkan pada konflik. Mereka akan berusaha untuk terus mencari jalan keluar dengan cara mereka sendiri.

orang yang selalu positif cenderung bekerja lebih efektif di tempat kerja, memiliki pemikiran yang luas, bisa berhubungan baik dengan sesama rekan kerja. Bahkan, mereka itu bisa menjadi pemimpin yang ideal. Karena potensi-potensinya ini, biasanya mereka juga lebih terlihat bahagia ketimbang mereka yang hidupnya selalu dipenuhi pikiran-pikiran negatif.

Baca Juga : 5 Tips Hemat Ini Justru Bikin Kamu Semakin Boros

1. Pikirkan skenario terburuk terhadap suatu permasalahan

Kamu mungkin pernah menghadapi sebuah permasalahan di lingkungan kerja. Tak jarang, kamu merasa kesulitan untuk mengatasinya. Nah coba biasakan diri, untuk selalu memikirkan skenario terburuk yang bisa terjadi.

Karena biasanya, skenario terburuk itu tidak akan pernah terjadi. Tapi, kalau kamu selalu memikirkannya, kemampuanmu untuk mengantisipasinya juga akan terasah. Mental kamu secara perlahan akan terlatih untuk menghadapi kemungkinan terburuknya.

Selain itu, kalau kamu terbiasa memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk, kamu jadi memiliki berbagai strategi untuk menghindarinya. Ketika dihadapkan berbagai masalah, kamu menjadi pribadi yang lebih berpikir positif karena telah memiliki banyak bekal untuk menangkal semuanya.

2. Memperhatikan ruang kerja bisa bantu berpikir positif

Marie Kondo merupakan sosok yang tengah fenomenal saat ini. Dia doyan banget membereskan rumah-rumah dari barang-barang yang justru bisa menahan kebahagiaanmu. Jadi dari sini, Marie Kondo mengajarkan bahwa kebahagiaan bisa didapatkan dari barang-barang sekitar semua.

Jadi untuk menambah kekuatan untuk berpikir positif atau lebih bahagia lagi, perhatikan ruang kerja kamu. Mulai dari meja kerja misalnya. Taruhlah barang-barang yang membuatmu senang.

Misalnya, kalau kamu senang dengan tanaman atau bunga, letakkan saja. Atau bisa juga kamu menaruh foto orang-orang yang kamu sayangi. Paling tidak ketika kamu mendapatkan suatu masalah yang merusak mood-mu, semuanya bisa sirna saat kamu kembali duduk di meja kerja.

Baca Juga : Bisnis Modal Minim Yang Terbukti Sangat Menguntungkan

3. Work hard, play hard

Ternyata salah satu kunci untuk bisa berpikir positif di tempat kerja adalah memiliki keseimbangan hidup yang baik. Ketika kamu bekerja keras setiap harinya, jangan melupakan untuk bersenang-senang. Maksimalkan waktu luangmu bersama teman-teman atau keluarga yang bisa mengistirahatkan pikiranmu dari kerjaan.

Jangan terlalu menghabiskan energimu untuk bekerja. Ambil cuti jika tengah penat-penatnya dan rencanakan liburan dengan keluarga dan teman-teman.

Penelitian membuktikan, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari liburan. Yang pertama yaitu menambah pengalaman, melepaskan beban kerja, menghindar sejenak dari masalah, menumbuhkan daya khayalmu, dan yang terakhir adalah menumbuhkan cara berpikir positif di tempat kerja.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *