Tips Buka Usaha Tanpa Berutang ke Kanan dan Kiri

Banyak orang ragu buat bikin sebuah bisnis lantaran gagal di tengah jalan atau kurang modal. Jangan khawatir karena ada nih tips sukses saat buka usaha tanpa mesti berutang ke sana-sini.

Ketika membuka sebuah bisnis emang datang dari ide si pengusaha yang pengin buka usaha. Nah, kadang kebanyakan dari mereka ragu buat membuka sebuah usaha dengan banyak alasan bisa karena macet di tengah jalan atau kurang modal.

Sebenarnya kamu bisa lho bikin usaha dengan modal yang gak gede-gede amat asalkan pintar-pintar mengakalinya. Jadi gak perlu tuh pinjam ke bank puluhan juta rupiah atau bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Kalau udah pinjam ke bank, mau gak mau kamu mesti bayar bunga tiap bulannya dan pastinya cicilan. Berikut nih tips sukses buka bisnis tanpa mesti berutang ke kanan dan kiri.

1. Punya rencana yang matang saat buka usaha

Ketika memulai sebuah usaha yang namanya rencana pasti udah terpikirkan mau bikin apa, modalnya berapa, gimana trik bisnisnya, pemilihan tempat hingga berapa pegawai yang bakal dipekerjakan. Benar gak yang namanya rencana pasti selalu ada di dalam pikiran para pengusaha kecil maupun skala besar.

Gak cuma poin-poin itu aja sih, rencana dalam mengelola keuangan bisnis atau usaha kamu juga sangat perlu lho. Jangan sampai modal yang udah kamu keluarkan tapi gak menguntungkan sama sekali. Dan jangan sampai pengeluaran mu besar banget ketimbang modal awal.

Baca Juga : Cara Mudah Untuk Milenial Biar Cepat Sukses dan Kaya

2. Manfaatkan tabungan pribadi

Nah, saat memiliki bisnis dan barang-barang yang dijual banyak digemari dan memiliki keterbatasan dana, coba deh manfaatkan metode PO atau pre-order. Kamu bisa nih memanfaatkan konsumen buat membayar terlebih dahulu kisaran  50 persen dari total harga barang.

Dengan adanya pemasukan uang sebesar 50 persen dari harga barang pre-order ini, kamu mendapatkan dana tambahan nih buat modal.

3. Sisihkan penghasilan salah satu tips sukses

Tips sukses lainnya saat memulai usaha tanpa berutang adalah menyisihkan penghasilan dari usaha mu buat menambah modal. Banyak pengusaha yang sulit buat berkembang lantaran lupa nih menyisihkan penghasilan dari bisnisnya.

Kalau udah gitu yang ada kerap kali memutuskan buat pinjam ke kanan dan kiri alias berutang. Sisihkan 40 persen dari keuntungan buat menambah modal dan membesarkan usaha di kemudian hari.

Baca Juga : PROMOSI BISNIS TOKO ONLINE DENGAN LAYANAN GOOGLE

4. Cari partner usaha

Gak ada salahnya nih kamu mencari partner dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Cara ini ada nilai plusnya bagi kamu, apalagi yang namanya buat nambah modal bisa banget didapatkan dari rekan bisnis mu.

Jadi ketika udah ada rekan bisnis atau partner kamu gak usah pusing-pusing buat memikirkan modal awal apalagi memutuskan buat berutang.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *