Meriset Pasar Dahulu Jika Anda Ingin Kebanjiran Order

Seberapa penting sih harus melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis.Tentunya Anda tidak ingin bisnis yang Anda lakukan sia-sia. Nah, Anda harus tahu cara produk apa yang bisa masuk ke market. Otomatis Anda harus membuat produk yang diinginkan dan dibutuhkan market.

Nekat menjual produk anda di market tanpa riset terlebih dahulu akan merugikan perusahaan Anda sendiri. Apalagi kalau produk yang dibuat tidak sesuai kebutuhan. Siapa yang mau membeli produk Anda? Hasil riset pasar yang Anda dapatkan itu yang akan menjadi strategi pemasaran di bisnis Anda. Kalau sudah begitu Anda bisa membangun brand.

Sekarang Anda tahu kalau riset pasar sangat penting bagi bisnis Anda. Tentu karena keputusan yang diambil akan menuntun masa depan bisnis atau usaha Anda. Anda dapat mengatur dan merencanakan perkembangan market sesuai dengan permintaan yang selalu berubah.

Bisnis anda bisa cepat gelar tikar jika anda tidak mengikuti perkembangan market. Namu kalau Anda merasa tahu perkembangan keinginan market. Apapun itu tetap saja riset pasar perlu dilakukan. berikut adalah cara  terbaik untuk Anda melakukan riset pasar.

Lakukan survey pasar

Tahu kondisi pasar dan target segmen pasar anda itu penting! Caranya gampang bisa dengan survey melalui angket, kuisioner atau wawancara langsung. Dari kegiatan survei itu Anda bisa tahu minat dan kebutuhan pelanggan atau konsumen saat ini. Tentunya semakin berkembang zaman permintaan kebutuhan juga akan ikut berubah. Dengan begitu anda bisa menentukan target segmen pasar anda.

Setelah memilih segmen pasar yang ingin anda targetkan, anda harus melakukan survei kepada orang-orang yang termasuk di dalam segmen tersebut. Anda bisa melakukannya secara manual dengan bertemu orang-orang tersebut secara langsung. Namun lebih baik anda melakukannya secara online, agar lebih mudah untuk disebarkan dan dihitung hasilnya.

Dalam menyebarkan survei, Anda pun harus menggunakan cara yang pintar, agar bisa mendapatkan hasil yang banyak dalam waktu yang cepat. Untuk itu, beberapa orang pun coba memanfaatkan fitur iklan di Facebook atau Google untuk menyebarkan survei ke orang-orang yang tepat.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan survei:

Hindari melakukan survei kepada keluarga, teman, atau rekan kerja, karena mereka bisa memberikan jawaban yang kurang objektif.

Pastikan Anda mendapatkan jumlah responden yang memenuhi jumlah sampel minimum.

Jangan lupa menyertakan paling sedikit dua pertanyaan tes, untuk memastikan sang responden tidak mengisi secara asal. Jika jawaban kedua pertanyaan tersebut berbeda, maka responden tersebut harus dikeluarkan dari perhitungan. Berikut ini adalah contoh menggunakan pertanyaan tes.

Pertanyaan Tes 1: “Apakah Anda suka berbelanja online?”

Pertanyaan Tes 2: “Bagaimana cara Anda membeli barang?”

 

 

Amati perkembangan pasar

Riset juga bisa Anda lakukan dengan proses mengamati kondisi pasar. Perkembangan pasar setiap waktunya pasti akan berubah bersama trend yang muncul. Hasil riset pasar ini bisa Anda gunakan untuk bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan produk.

Contohnya apabila anda ingin menjual online produk kosmetik, anda harus mencari data-data seperti ini:

Berapa banyak jumlah penduduk Indonesia?

Dari jumlah di atas, berapa banyak yang berjenis kelamin wanita, berusia 21 hingga 35 tahun, dan suka membeli kosmetik?

Dari jumlah di atas, berapa banyak yang bisa mengakses internet?

Dari jumlah di atas, berapa banyak uang yang bisa mereka keluarkan setiap tahunnya untuk membeli kosmetik?

Baca juga :  Cara Bijak Agar Bisnis Mu Tidak Terancam Gulung Tikar

Perhatikan tingkat persaingan pasar

817017.TIF

Pesaing dalam bisnis pastinya ada. Anda disini harus tahu perkembangan dari pesaingan agar Anda bisa mengimbangi. Setelah bisa mengimbangi Anda harus memikirkan cara supaya lebih unggul dari pesaing. Anda tentunya tidak ingin produk usaha atau bisnis Anda kalah ramai di pasar.

Cari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Siapa saja yang telah menghadirkan produk kosmetik yang sama di pasar?
  2. Adakah kelemahan dari mereka yang bisa kamu manfaatkan?

 

Lakukan uji coba pasar

bisnis
Lakukan Uji Coba

Anda juga perlu melakukan uji coba produk Anda sendiri sebelum benar- benar dikeluarkan di market. Uji cobanya bisa dengan memberikan sample produk ke wilayah – wilayah terdekat. Bagaimana respon pasar yang akan Anda dapat dengan produk Anda itu? Kalau belum sempurna, berarti waktunya Anda memperbaiki produk Anda dulu. Jika anda sudah melalui trial and error pada produk anda maka akan beranjak akan menemukan resep produk yang siap bersaing di market Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *