Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Memulai Bisnis

Memiliki bisnis sendiri merupakan salah satu pekerjaan yang bisa mempunyai masa depan cerah, tapi untuk mencapai masa depan cerah itu tidak lah mudah. Untuk bisa memulai bisnis, diperlukan suatu medan terjang yang panjang dan penuh rintangan. Baik dari ide, modal sampai eksekusinya harus dipikirkan matang – matang agar bisnis bisa awet sampai seumur hidup. Namun setelah ide bisnis ditentukan, langkah – langkah apa yang harus dilakukan untuk bisnis yang baru berdiri?

 

Baca juga : 5 Bisnis Modal Kecil Dengan Prospek Cerah

Produk punya nilai jual

Produk yang anda jual harus dikenal oleh banyak orang terlebih dahulu, sehingga orang yang mampir di toko/ outlet anda tertarik untuk membeli produk anda. Kalau hanya sekedar mengikuti trend, apa yang terjadi jika produk itu bukan lah sebuah trend lagi? Apakah masih ada orang yang mau membeli? Bisnis itu kalau bisa yang berumur panjang, sama seperti sebuah kebutuhan yang selalu orang cari maka produk itu akan bertahan lama sampai kapan pun. Misal seperti sembako, makanan, atau fashion. Selain itu produk anda harus dikemas dengan kemasan terbaik, desain dan logo yang mantap. Jangan lupa produk juga harus sesuai dengan target market ada, siapa yang akan membeli produk kita, seperti apa karakter pembeli anda, apa profesi nya. Semua harus di tentukan dengan baik agar produk anda dapat dijual dengan baik

Modal

Salah satu hal yang sering membuat bisnis terhambat adalah modal. Anda bisa menggunakan tabungan pribadi sebagai modal anda, atau bisa juga cari pinjaman dari keluarga, teman, saudara atau pihak bank sebagai modal anda. Namun, perlu diingat, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi ketika meminjam uang dari pihak bank. Salah satu syarat nya adalah surat jaminan dan catatan keuangan yang sudah terstruktur. Jika dirasa sulit meminjam di bank, anda juga bisa mengajukan kerja sama ke suatu perusahaan.

Kemasan

Kemasan produk anda adalah salah satu penentu daya tarik produk anda. Jangan hanya memandang dari segi desain tetapi kemasan anda juga harus ramah lingkungan. Terutama jika anda bergerak di bidang kuliner maka kemasan anda haruslah yang baik bagi kesehatan. Ironis nya orang lupa memperhatikan kemasan dan membuat sembarangan. Padahal, jika salah kemasan dan beresiko bagi yang membeli produk itu, orang tidak akan mau kembali membeli produk anda. Jadi pilihlah kemasan yang baik dan logo yang sesuai.

Harga

Harga haruslah sesuai dengan kualitas produk anda. Jangan sampai harga terlalu murah karena bisa membuat orang curiga. Tapi jangan terlalu mahal karena membuat orang malas membeli. Sehingga sebelum menentukan harga, lakukan riset terlebih dahulu ke berbagai toko yang menjual produk serupa. Harga yang bersaing dan terbaik tentu menarik banyak pembeli datang.

Lokasi

Jika anda ingin menyewa outlet di mall, maka biaya yang diperlukan akan lebih mahal. Karena untuk membuka outlet di mall memerlukan etalase untuk memajang produk anda. Berbeda ketika anda berjualan via online, anda tidak memerlukan tempat, etalase untuk memajang dan juga mengurangi biaya sewa outlet. Namun tetap memerlukan tempat untuk memajang meski tidak luas, agar orang percaya dengan produk yang anda jual.

Izin Usaha

Butuh izin yang tergantung jenis usahanya. Kalau menjual makanan atau kosmetik rumahan tentu harus ada izin dari BPOM. Saat ini orang semakin kritis, mereka sangat memerhatikan izin kesehatan, halal atau tidak.  Berbeda dengan baju dan aksesori, di awal penjualan belum membutuhkan izin kecuali sudah bekerja sama dengan department store.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *